Toko Khusus Produk Indonesia Dibuka di Mal Malaysia, Kemendag: Sangat Efektif Dorong Ekspor

Warga Malaysia mengenakan masker saat mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur.
Sumber :
  • ANTARA/Virna P Setyorini.

Jakarta - Toko khusus produk Indonesia kembali di buka di salah satu pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur, Malaysia. Dibukanya toko itu sebagai salah satu cara untuk mendongkrak kinerja ekspor di tengah menurunnya harga komoditas global.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Didi Sumedi mengatakan toko yang dibuka di Malaysia itu merupakan cabang ke-4.

“Toko Produk Indonesia merupakan ujung tombak yang sangat efektif untuk mendorong ekspor, terutama produk yang dihasilkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM),” ujar Didi dalam keterangannya, dikutip Rabu, 6 Desember 20023.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

bendera Indonesi dan Malaysia

Photo :
  • vstory

Didi menuturkan, Malaysia merupakan salah satu tujuan utama ekspor Indonesia. Sehingga, penetrasi pasar melalui pembukaan toko produk Indonesia merupakan langkah nyata yang sangat baik.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

“Di tengah menurunnya harga komoditas global, upaya seperti ini sangat perlu dilakukan untuk membantu kinerja perdagangan Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur Dato’ Indra Hermono mengatakan, potensi produk-produk Indonesia di Malaysia sangat terbuka mengingat besarnya jumlah diaspora Indonesia di Malaysia.

“Diaspora Indonesia di Malaysia merupakan yang terbesar di dunia, dan ini tentu merupakan pasar tersendiri untuk produk Indonesia di Malaysia,” ujarnya.

Selain itu, pada kesempatan itu dilakukan juga penandatanganan komitmen perdagangan senilai Rp 573,2 miliar untuk produk makanan dan minuman. Komitmen ini juga meliputi keperluan toko produk Indonesia di seluruh Malaysia.

“Tahun ini, jumlah komitmen perdagangan dari Malaysia meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kami berharap hubungan dagang Indonesia – Malaysia yang telah berlangsung cukup panjang akan terus terjaga di tengah kondisi perekonomian dunia yang naik turun,” kata Atase Perdagangan RI di Kuala Lumpur Deden Muhammad Fajar Shiddiq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya