Investasi Luar Jawa 52 Persen, Jokowi: Mestinya Bisa Lebih Gede Lagi

Presiden Jokowi di acara Rakornas Investasi 2023
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jakarta – Presiden Joko Widodo melaporkan, saat ini porsi realisasi investasi di luar Pulau Jawa sudah mencapai 52 persen, dibandingkan investasi di Pulau Jawa yang hanya sebesar 48 persen.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Artinya, (investasi) di luar Jawa sudah lebih besar dari investasi yang ada di Jawa, ini benar," kata Jokowi di acara Pembukaan Rakornas Investasi 2023, Kamis, 7 Desember 2023.

Presiden Jokowi di acara Rakornas Investasi 2023

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.
PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Namun, karena Indonesia memiliki 17 ribu pulau, Presiden menilai bahwa realisasi investasi sebesar 48 persen di satu pulau saja masih terbilang sangat besar. Jokowi pun berharap, persentase realisasi investasi di luar Pulau Jawa semestinya bisa lebih besar lagi dari yang ada saat ini.

Karena hal itu mencakup belasan ribu pulau lain di Luar Pulau Jawa, yang juga harus mendapatkan jatah pemerataan pembangunan yang sama bagi daerahnya masing-masing.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Satu Pulau Jawa saja investasinya 48 persen, masa yang 16.999 pulau hanya kebagian 52 persen? Mestinya bisa lebih gede lagi," ujar Presiden.

Karenanya, Jokowi pun menegaskan bahwa para pemerintah daerah seperti misalnya gubernur, bupati, hingga walikota, harus terus didorong guna mendongkrak realisasi investasi di wilayahnya masing-masing.

"Tapi memang, tugas bapak/ibu untuk mendorong bupati, walikota, gubernur, kepala PTSP, agar investasi di luar Pulau Jawa bisa semakin besar," kata Jokowi.

"Kemudian tugas pemerintah yakni menyiapkan aspek infrastrukturnya, karena daerah-daerah di luar Pulau Jawa juga memerlukan itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya