Penguatan Rupiah Pagi Ini Berpotensi Balik Melemah Dipicu Suku Bunga Acuan AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 13 Desember 2023. Rupiah menguat sebesar 17 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp 15.604 per dolar AS. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.631 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi melemah pada hari ini. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Rupiah masih akan berkonsolidasi dan berpotensi melemah terhadap dolar AS hari ini, menantikan keputusan suku bunga acuan AS di Kamis dinihari nanti," kata Ariston kepada VIVA Rabu, 13 Desember 2023.

Ilustrasi uang rupiah

Photo :
  • vstory
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Ariston menjelaskan, dari data inflasi konsumen AS bulan November yang dirilis semalam, menunjukkan bahwa inflasi AS masih sulit turun ke target 2 persen. 

"Hasil ini bisa mendorong the Fed mempertahankan suku bunga acuannya di level tinggi untuk waktu yang lebih lamaDan ini bisa mendorong penguatan dolar AS," ujarnya.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Dengan demikian, Ariston memperkirakan mata uang rupiah terhadap dolar AS hari ini melemah ke arah Rp 15.630-Rp 15.650. Sedangkan potensi support di sekitar Rp 15.580-Rp 15.600.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya