Bank Mandiri Siapkan Rp 23,2 Triliun Uang Tunai untuk Transaksi Masyarakat di Periode Nataru

Ilustrasi uang tunai/gaji/pesangon.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan kebutuhan uang tunai secara net sebesar Rp 23,2 triliun, untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan transaksi masyarakat di periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jumlah itu meningkat sebesar 18,3 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, dana tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama 33 hari sejak 1 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Menurutnya, peningkatan alokasi tersebut dilakukan menyusul proyeksi kenaikan transaksi ATM masyarakat.

“Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 akan mengalami peningkatan. Untuk itu, kami mengoptimalkan layanan digital untuk mendukung kantor cabang dalam melayani kebutuhan nasabah pada masa Nataru 2023,” ujar Ali dalam keterangannya Kamis, 14 Desember 2023.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Gedung Bank Mandiri

Photo :
  • Dokumentasi Bank Mandiri

Ali menuturkan, pihaknya telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM maupun EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024. Saat ini, total ATM Bank Mandiri yang beroperasi tercatat sebanyak 13.068 mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Bank Mandiri memproyeksikan akan terjadi puncak kebutuhan pengisian uang ATM jatuh pada dua hari sebelum perayaan Hari Raya Natal 2023 dan dua hari sebelum tahun baru 2024.

"Transaksi pada mesin EDC diperkirakan juga akan mengalami peningkatan pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024, mengingat adanya pembagian THR untuk karyawan yang merayakan Hari Raya Natal. Mengantisipasi hal ini, Bank Mandiri telah menyediakan 250.000 jaringan EDC untuk mendukung transaksi non tunai nasabah," jelasnya.

Selain itu, guna meningkatkan transaksi non tunai pada masa Nataru, Bank Mandiri terangnya, juga menyebar uang elektronik e-money 548.000 kartu ke seluruh penjuru Indonesia.

"Sejalan dengan itu, Bank bersandi saham BMRI ini juga memastikan Call Center 14000 atau Live Chat MITA pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000 siap untuk membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya