Erick Thohir Targetkan Merger AP I dan AP II Rampung di Februari 2024

Ilustrasi suasana di Bandara Soetta yang dikelola AP II
Sumber :
  • VIVA/Sherly

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir mengatakan upaya penggabungan atau merger antara PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) masih dalam tahap negosiasi.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Dia memperkirakan, proses penggabungan kedua Angkasa Pura itu akan rampung di bulan Februari atau Maret 2024 mendatang.

"Angkasa Pura sekarang negosiasi sudah half down, mungkin Februari Maret juga set (jadi) satu," kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 19 Desember 2023.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

Dia mengatakan, dalam upaya penggabungan sejumlah BUMN, hal itu berkaitan erat dengan upaya restrukturisasi yang juga harus dilakukan oleh BUMN itu sendiri. Erick mengatakan, restrukturisasi BUMN karya saja setidaknya butuh waktu 2-3 tahun.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

"Proses restrukturisasi BUMN karya itu butuh waktu 2-3 tahun, dengan opsi masing-masing yang berbeda," ujar Erick.

Dia bahkan mencontohkan soal keberhasilan penggabungan PT Pelindo (Persero), dari sebelumnya berjumlah empat Pelindo hingga kini menjadi satu.

Selain itu, Kementerian BUMN juga telah merampingkan PTPN, dari semula 13 unit usaha menjadi 4 unit usaha. Dengan adanya perampingan tersebut, Erick mengaku bangga bahwa PTPN kini sudah mampu membukukan laba yang lebih besar.

"Kita bisa merampingkan PTPN dari 13 ke 4, tapi labanya luar biasa. Karena ingat, PTPN juga restrukturisasi Rp 40 triliun loh," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya