Nasib Pembangunan Jalur KRL Commuter Line ke Karawang, Begini Kata Kemenhub

Para calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta – Rencana perpanjangan jaringan KRL Commuter line Cikarang/Bekasi yang akan disambung hingga Karawang sempat mencuat beberapa waktu lalu. Namun, Kementerian Perhubungan menyatakan, sampai saat ini rencana itu belum terealisasi.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Saat dikonfimasi, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal mengatakan wacana perpanjangan jaringan KRL Commuter Line ke Karawang itu, memang sempat dibahas oleh pihaknya sebelum era pandemi COVID-19. Namun hingga saat ini, Risal mengatakan belum ada pembahasan lanjutan soal wacana KRL perpanjangan rute Commuter Line tersebut.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan rencana tersebut, banyak sekali pertimbangan yang harus diperhatikan. Hal itu termasuk fasilitas listrik aliran atas (LAA), sarana kereta, hingga waktu tempuh.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

"Belum kami diskusikan seperti apa ke depannya KRL sampai Karawang, karena kita pasti akan bicara soal LAA-nya, (jumlah) keretanya, dan waktunya," kata Risal saat ditemui di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2023.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id
Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Dia menjelaskan, penambahan jaringan KRL ke Karawang itu berpotensi membuat frekuensi perjalanan makin tinggi. Padahal, masalah utama KRL saat ini salah satunya adalah sarana perkeretaapian yang masih terbatas.

"Karena semakin panjang, frekuensi makin tinggi. Dan ini juga kan keretanya masih terbatas," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Kementerian Perhubungan mengungkap bahwa terjadinya pandemi COVID-19 pada 2020 lalu, turut menjadi faktor yang menyebabkan rencana KRL Commuter Line Cikarang/Bekasi, yang akan disambung hingga Karawang, belum dapat terlaksana.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati menyebut, usulan KRL hingga Karawang itu memang telah ada sejak 2019. Di mana, usulan tersebut diajukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter.

"Jadi waktu itu disampaikan di 2019 dan kemudian terjadi pandemi. Ya memang akhirnya jadwal bergeser, dan kita belum tau lagi kapan mau dimulai (rute) ke sana," kata Adita, di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Namun, Adita mengatakan bahwa kemungkinan rencana perpanjangan rute KRL hingga Karawang itu tetap akan terlaksana, meski belum tau pasti kapan waktunya. Menurutnya, saat ini Kemnhub masih terus melakukan pembahasan, dan memastikan kebutuhan anggaran untuk merealisasikan rencana ini.

"Masih dalam pembahasan, karena itu kan harus memastikan kebutuhan anggaran dan lain-lain," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya