Nasabah Bank Mega Kini Bisa Belanja di Thailand hingga Malaysia Pakai QRIS

QRIS
Sumber :
  • BI.go.id

Jakarta – PT Bank Mega Tbk (MEGA) mengungkapkan telah terintegerasi dengan layanan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antar-negara melalui aplikasi mobile M-Smile. Sehingga, bagi masyarakat yang akan berbelanja di Thailand, Malaysia dan Singapura sudah bisa menggunakan layanan  tersebut. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Wakil Direktur Utama Bank Mega, Diza Larentie mengklaim, Bank Mega saat ini menjadi salah satu institusi keuangan pertama di Indonesia yang memiliki QRIS antar negara atau cross border

“Melalui fitur ini, kami berharap dapat memudahkan nasabah Bank Mega dalam melakukan transaksi pembayaran antarnegara menjadi lebih cepat, praktis dan aman,” jelas Diza dalam keterangannya Kamis, 21 November 2023.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Ilustrasi pembayaran QRIS.

Photo :
  • qris.id

Diza membeberkan, beberapa keunggulan QRIS antar negara yang sudah dapat dilakukan di Thailand, Malaysia dan Singapura. Hal ini di antaranya, pembayaran dapat dilakukan langsung tanpa harus menukarkan uang ke valuta asing. Kemudian praktis, karena tidak perlu menggunakan fisik kartu tetapi hanya cukup menggunakan ponsel. 

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Lalu, transaksi menggunakan QRIS menjadi lebih aman, karena tidak perlu membawa sejumlah uang tunai. Pembayaran dengan QRIS lebih higienis karena pembayaran dilakukan sendiri oleh nasabah dengan melakukan scan pada ponsel nasabah.

Diza melanjutkan, ada hal lain yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi QRIS antarnegara, yakni memastikan bahwa merchant-merchant di negara tersebut memiliki logo dari lembaga yang saat ini menjadi mitra penyelenggara.

Bank Mega

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Adapun untuk di Thailand terdapat logo QR yang diterbitkan oleh BBL (Bangkok Bank), BAY (Bank of Ayudhya), Krungthai Bank (KTB), CIMB Thai, Kasikorn Bank (KBANK) dan Siam Commercial Bank (SCB).

Malaysia, terdapat logo QR yang diterbitkan oleh DuitNow atau logo QR yang berasal dari penerbit seperti CIMB Bank, Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad. 

Kemudian TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBank Malaysia Berhad, Maybank Berhad, Finexus dan Hong Leong Bank Berhad. Sedangkan Singapura, terdapat logo NETS dan/atau SGQR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya