Genjot Pengembangan Sektor Maritim RI, IDSurvey Gandeng ITS Bangun Ruang Kolaborasi

IDSurvey kerja sama dengan ITS
Sumber :
  • Dok IDSurvey

Jakarta – Holding BUMN Jasa Survei, yakni IDSurvey melalui lead holding PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau PT BKI, berupaya membantu perkembangan di sektor industri kemaritiman Tanah Air.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Salah satu upayanya yakni dengan menggandeng Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dalam membentuk ruang kolaborasi pada rangkaian 'IDSurvey Goes to Campus' yang dilaksanakan di Gedung NasDEC, Kampus ITS.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto mengatakan, kolaborasi IDSurvey dan ITS ini merupakan salah satu contoh implementasi UU No. 17 Tahun 2008 tentang Kelautan.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

"Ruang kolaborasi bisa mengurangi ketergantungan Bangsa Indonesia dalam bidang maritim, khususnya terhadap produk dari luar negeri," ujar Capt. Heru dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 Desember 2023.

Ilustrasi industri kemaritiman.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Pada kesempatan yang sama, Rektor ITS, Prof. Mochamad Ashari menyampaikan, ruang kolaborasi ini dibangun sebagai wadah berkembang bagi mahasiswa dan dosen di Indonesia, dalam menginovasikan teknologi kemaritiman dan transportasi laut.

"Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat membantu para mahasiwa dan dosen dalam mengembangkan inovasi dan akademik, serta penilitan di bidang kemaritiman. IDSurvey akan terus berkomitmen mendukung kemajuan kemaritiman dan memajukan negeri," ujarnya.

Kegiatan ini masih merupakan rangkaian dari Perayaan HUT ke-dua IDSurvey. Pada 17 September 2023, IDSurvey juga telah merayakan ulang tahun sebagai puncak acara.

Sebelum dilaksanakan peresmian ruang kolaborasi antara IDSurvey dan ITS tersebut, diadakan talkshow IDSurvey Goes to Campus.

Setelah talkshow, dilaksanakan peresmian ruang kolaborasi antara IDSurvey dan ITS, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat layanan pemangku sektor industri kemaritiman. Serta, sebagai sarana pengembangan akademik dan riset penelitian di bidang teknologi serta transportasi maritim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya