Kredit KB Bukopin Tumbuh 12,9 Persen di Kuartal III-2023

KB Bukopin.
Sumber :
  • Dokumentasi KB Bukopin.

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) mengungkapkan, pada kuartal III-2023 pertumbuhan kredit mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 12,90 persen. Pertumbuhan itu didorong oleh kredit wholesale. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Presiden Direktur KB Bukopin Woo Yeul Lee, mengatakan bahwa pihaknya berdedikasi untuk mendorong inovasi, merangkul perubahan, dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. 

"Dalam menghadapi lanskap industri keuangan yang dinamis, yakinlah bahwa KB Bukopin tetap teguh dalam mengejar pertumbuhan, keberlanjutan, dan pelayanan yang prima," ujar Woo Yeul dalam keterangannya, Jumat, 29 Desember 2023. 

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Peluncuran Logo Bank KB Bukopin.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Menurutnya, sejak mendapatkan dukungan penuh dari dari KB Financial Group atau KBFG dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali, KB Bukopin telah menunjukkan sejumlah pertumbuhan positif.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Sementara itu Wakil Presiden Direktur KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, segmen kredit wholesale yang menjadi motor untuk mendorong pertumbuhan kredit Bank KB Bukopin. 

"Hingga kuartal III-2023, segmen ini mencatat pertumbuhan tahunan yang kuat sebesar 12,90 persen. Peluang dari sektor bisnis Korean Link turut berkontribusi pada pertumbuhan dalam segmen ini," jelasnya. 

Robby menuturkan, pihaknya juga mencatat  hasil positif terhadap aplikasi perbankan digital "KBstar". Karena lebih dari 25 ribu download sejak diluncurkan pada September 2023. 

Selain itu tingkat kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank KB Bukopin stabil sebesar 33,16 persen atau lebih tinggi dari industri di 27,33 persen. Tingkat kredit berisiko atau Loan at Risk (LAR) menunjukkan perbaikan sebesar 23,57 persen secara yoy, memperbaiki rasio LAR dari 53,50% menjadi 43,96 persen. 

"Hal ini menunjukkan agenda transformasi Bank KB Bukopin menunjukkan progres yang baik di tengah ketidakpastian situasi ekonomi global," ujarnya. 

Adapun Direktur Keuangan KB Bukopin Seng Hyup Shin menyampaikan, KB Bukopin berkomitmen untuk meningkatkan kualitas fundamental melalui optimalisasi aset telah membuahkan hasil yang positif.

"Keberhasilan dalam pemulihan aset bermasalah, kinerja kredit yang kuat di segmen wholesale, serta perluasan portofolio kredit melalui kemitraan strategis dengan bisnis Korea menggarisbawahi dedikasi kami untuk terus bertumbuh dan unggul. Melihat kinerja yang telah kami capai sejauh ini, ada rasa percaya diri dan optimisme bahwa kami telah membuat langkah yang signifikan dalam memajukan agenda strategis KB Bukopin," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya