Kerap Beda Pendapat, Luhut Mengaku Tetap Hormati Sosok Rizal Ramli

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, hadir melayat ke rumah duka Rizal Ramli, guna menyampaikan rasa duka cita atas meninggalnya ekonom senior dan aktivis tersebut.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Ditemui usai melayat, Luhut pun mengaku bahwa selama ini dirinya memang kerap berbeda pendapat dengan Rizal Ramli. Terlebih, dalam satu dekade terakhir Luhut berada di dalam pemerintahan Jokowi, menurutnya Rizal Ramli lebih banyak menjadi oposisi pemerintah meskipun sempat menjadi Menko di era Jokowi.

Namun, Luhut mengaku tetap menaruh rasa hormat terhadap Rizal Ramli, meskipun mereka kerap berbeda pendapat dan pandangan dalam hal-hal terkait kebijakan pemerintahan.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Rizal Ramli meninggal dunia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Saya memang sering berbeda (pendapat dengan Rizal Ramli), tapi saya hormati Rizal. Rizal sudah pergi dan saya mengucapkan selamat jalan. Karena kita hidup ini semua guyub juga, ada berbeda sana sini, tapi tidak perlu musuhan," kata Luhut saat ditemui di rumah duka Rizal Ramli, kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari 2024.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Rasa hormat Luhut kepada Rizal diakui Luhut telah membuatnya menyempatkan diri untuk melayat ke rumah duka Rizal Ramli. Meskipun, Luhut mengaku baru saja kembali dari luar kota.

Karenanya, saat mendarat di Bandara, Luhut mengaku langsung menuju ke kediaman Rizal Ramli untuk melayat. Hal itu menurutnya dapat menjadi penanda bahwa dia dan Rizal Ramli sebenarnya berteman baik. Walaupun, selama ini banyak pihak yang menganggap Luhut dan Rizal Ramli kerap bermusuhan.

Dia bahkan mengaku juga sempat dekat dengan keluarga Rizal Ramli, termasuk dengan mendiang istrinya, yakni Herawati Moelyono. Hal itu terjadi pada saat Rizal Ramli masih sekolah di Boston, Amerika Serikat.

"Saya sangat sedih. Makanya begitu mendarat di airport, saya langsung menengok Rizal," ujar Luhut.

Rizal Ramli Meninggal Dunia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia mengaku juga sempat berbincang-bincang dengan anak-anak mendiang Rizal Ramli. Dari situ, Luhut mengaku kepada anak-anak Almarhum bahwa dirinya sangat dekat dengan ayah mereka.

"Anak-anak Rizal juga bilang, kalau Bapaknya teman dekat Pak Luhut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya