Data Penjualan Ritel BI Bayangi Pelemahan IHSG, Cek Saham-saham Pilihan

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 26 poin atau 0,36 persen di level 7.253, pada pembukaan perdagangan Kamis, 11 Januari 2024.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed cenderung melemah pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed cenderung melemah," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 11 Januari 2024.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan ritel (retail sales) pada November 2023, yang tumbuh 2,1 persen secara year-on-year (yoy). Hal itu lebih lambat dibandingkan penjualan ritel pada Oktober 2023, yang mencapai sebesar 2,4 persen (yoy).

IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

"Secara bulanan, penjualan ritel tumbuh 0,2 persen. Apresiasi tersebut terjadi pada komponen suku cadang dan aksesori, serta subkelompok sandang," ujar Ratih.

Sementara itu, BI juga turut memproyeksikan penjualan ritel pada Desember 2023 meningkat 4,8 persen secara month-to-month (mtm), seiring momentum libur Nataru.

Di sisi lain, meskipun investor asing masih tercatat beli bersih, namun volume sudah mulai terbatas sebesar Rp 85,87 miliar pada Rabu, 10 Januari 2024. Mulai terbatasnya inflow tersebut sejalan dengan imbal hasil US Treasury yang kembali naik dalam jangka pendek ke level 4,0 persen, dibandingkan pada akhir Desember 2023 yang sebesar 3,8 persen.

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

"IHSG diprediksi bergerak mixed cenderung melemah dalam level 7.150-7.235.," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ACES, EMTK, SILO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya