Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Padang-Sicincin Beroperasi Fungsional pada Juli 2024

Jalan tol Padang-Sicincin
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan pihaknya menargetkan operasional Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) koridor utama pada tahun ini.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Koridor utama itu antara lain yakni Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (sebagian Seksi 2 - Seksi 4), Binjai – Langsa Seksi 2, Kisaran – Indrapura, Padang – Pekanbaru (Bangkinang – Pangkalan). Lalu ada pula Sigli – Banda Aceh Seksi 1, Betung-Jambi Seksi Bayung Lencir – Tempino, Padang – Pekanbaru (Padang – Sicincin), dan Binjai – Langsa (Seksi 3).

"Salah satunya termasuk Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km, yang akan menghubungkan provinsi Sumatera Barat dan Riau. Karenanya, kecepatan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Padang membutuhkan dukungan pemerintah daerah," kata Basuki dalam keterangannya, Kamis, 11 Januari 2024.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di jalan tol Padang-Sicincin

Photo :
  • Dok. PUPR

Basuki menegaskan, pihaknya terus berupaya mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yang akan tersambung dari provinsi Lampung hingga Aceh berikut feeder-nya. Pembangunan JTTS ini diyakini akan mampu mendukung kelancaran konektivitas masyarakat di Pulau Sumatera.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Dia mengatakan, JTTS memiliki total panjang 2.749 km, dengan panjang koridor utama 1.889 km dan koridor pendukung 860 km. 6 ruas jalan tol dengan total panjang 596 km telah beroperasi, dan 7 ruas jalan tol sepanjang 361 km sedang dalam konstruksi.

"Sisanya, terdapat 4 ruas sepanjang 582 km memasuki Rencana Tahap II, 5 ruas sepanjang 657 km memasuki Rencana Tahap III, dan 6 ruas sepanjang 553 km memasuki Rencana Tahap IV," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian menjelaskan, saat ini progres pembebasan lahan Jalan Tol Pekanbaru – Padang, Seksi 1 Padang - Sicincin, telah mencapai 92,6 persen. Sementara progres konstruksinya sudah mencapai 47,22 persen.

"Ditargetkan, Jalan Tol Pekanbaru – Padang, Seksi 1 Padang – Sicincin dapat selesai dan fungsional pada Juli 2024, sehingga dapat mendukung jalur logistik dan jalur pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian di provinsi Sumatera Barat dan Riau," ujarnya.

Diketahui, Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Seksi 1 Padang – Sicincin akan terbagi menjadi 2x2 lajur pada tahap awal. Seksi ini akan memiliki 3 gerbang tol yang berada pada STA 1+800, STA 19+000 dan STA 35+800. Seksi ini juga akan memiliki 1 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/ Rest Area) Tipe A, yang berada di STA 23+000. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya