Turis di Bali Membludak saat Akhir Tahun, BI Sebut Optimisme Konsumen Membaik

Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali
Sumber :
  • Maha Liarosh (Bali)

Bali – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja mengatakan, keyakinan konsumen di Bali pada Desember 2023 dipengaruhi oleh membaiknya kondisi perekonomian sejalan dengan high season pariwisata akhir tahun 2023.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Tetap tingginya keyakinan konsumen disebabkan peningkatan jumlah wisman maupun wisatawan nusantara yang berkunjung ke Bali," kata Erwin, Minggu,14 Januari 2023.

Tren yang terjadi, kata Erwin, terus berlanjut dalam lima bulan terakhir. Optimisme konsumen di Bali ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat berada pada area optimis, masing-masing sebesar 135,7 dan 146,5.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Wisatawan di Bali mulai ramai.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Kondisi IKE tersebut dipengaruhi oleh komponen pembentuk IKE yakni, penghasilan, ketersediaan lapangan kerja saat ini dan konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama. Setiap komponen pembentuk IKE diukur dalam rentang waktu satu semester.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Bank Indonesia mencatat, keyakinan kinerja IEK di Provinsi Bali dipengaruhi oleh beberapa komponen pembentuk yang tetap terjaga pada area optimis.

Indeks ekspektasi kegiatan usaha dalam 6 bulan mendatang sebesar 155,0, indeks ekspektasi penghasilan sebesar 134,5 dan indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja sebesar 150,0. 

"Kondisi IEK Bali sejalan dengan kondisi IEK nasional yang juga tetap terjaga pada area optimis sebesar 133,9 pada periode yang sama," jelas Erwin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya