Groundbreaking Kantor LPS di IKN, Jokowi Harap Tingkatkan Kepercayaan Investor dan Dunia Usaha

Presiden Jokowi saat Groundbreaking sejumlah proyek di IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

IKN Nusantara– Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu, 17 Januari 2024. Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking gedung Arthadhyaksa kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan bahwa pembangunan perkantoran LPS di IKN dilakukan secara bertahap. Mulai dari gedung utama pusat operasi serta pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

"Pembangunan ini akan dilaksanakan secara bertahap, tahap pertama akan dibangun gedung utama yang merupakan pusat operasi LPS. Tahap kedua, ketiga dan dilanjutkan dengan pembangunan dua gedung lainnya serta fasilitas-fasilitas pendukungnya," ucap Jokowi.

Jokowi berharap agar pembangunan LPS di IKN dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, dunia usaha serta investor. 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Saya berharap pembangunan kompleks perkantoran LPS di IKN ini dapat meningkatkan, kepercayaan masyarakat, kepercayaan dunia usaha, kepercayaan investor, karena kalau LPS sudah memulai, artinya yang lain pasti akan percaya bahwa ibu kota ini akan segera jadi," katanya.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Sebelumnya diberitakan, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan pada 17 Januari 2024 besok akan dilakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama tahap 4 di IKN, Kalimantan Timur. Pembangunan ini terdiri dari perusahaan BUMN hingga swasta.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono mengatakan, groundbreaking awal di 2024 ini akan terbagi dalam tiga kategori. Pertama groundbreaking oleh BUMN, kedua swasta, dan ketiga lembaga negara.

"Kesiapan groundbreaking ke-4 IKN yang akan terjadi di 17 Januari 2024, tepat 7 bulan sebelum upacara 17 Agustus 2024," ujar Agung dalam Media Briefing Selasa, 16 Januari 2024.

Agung mengatakan, pada groundbreaking pertama akan dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Pembangunan dari BUMN di antaranya Pos Indonesia yang akan berperan di aspek logistik. Dalam hal ini Pos Indonesia akan mambangun Nusantara Logistic Hub.

Pembangunan kedua oleh BUMN, yakni Radio Republik Indonesia (RRI) yang akan memiliki studio siaran radio di IKN. Lokasinya, ada di kawasan hunian pekerja konstruksi.

"Kalau tidak ada aral melintang Bapak Presiden besok juga akan bicara kepada bangsa indonesia pertama kalinya di jaringan radio di IKN," terangnya.

Sedangkan untuk kategori swasta, beberapa perusahaan itu adalah SUN Hub yang akan membangun area pergudangan dan PT Wulandari Bangun Laksana pembangunan berupa Nusantara Warehouse Park.

"Dua ini SUN Hub dan Nusantara Warehouse Park ini menunjukkan bahwa logistik menjadi tema di groundbreaking kali ini bersama Pos Indonesia. Karena apa? Karena tentunya persiapan perpindahan ASN di 2024 ini akan perlu didukung oleh logistik dan ini akan masuk," jelasnya.

Lalu, groundbreaking swasta juga akan ada hotel bintang lima dari Jambuluwuk Group. Perusahaan itu bekerja sama dengan Badan Usaha Otorita.

Adapun pada kategori lembaga negara, groundbreaking tiga berasal dari APBN dan satu dari non APBN. Agung menjelaskan, yang berasal dari APBN ada pembangunan kantor OIKN, Masjid Negara oleh Kementerian PUPR, dan memorial park oleh Kementerian PUPR. Dan non APBN, yakni pembangunan kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya