DIisukan Mundur dari Kabinet, Menteri Basuki Malah Geber Pembangunan Proyek Tol di IKN

Jokowi bersama Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono di IKN.
Sumber :
  • @smindrawati.

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjadi salah satu menteri yang disebut ekonom senior Faisal Basri bakal mundur dari Kabinet Jokowi. Alih-aling mundur dari jabatannya, Basuki malah nampak mengakselerasi kinerjanya.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Salah satunya dengan menargetkan pembangunan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap I bisa rampung dan dioperasikan di bulan Juli 2024 mendatang. Dia pun meminta proses pengerjaannya mendapat perhatian serius dan terjaga kualitasnya, dibandingkan dengan jalan tol lain yang sudah dibangun sebelumnya.

"Jika ada kendala, segera identifikasi dan perbaiki. Pada Juli 2024 harus sudah selesai untuk tahap 1 dan bisa dioperasikan," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat, 19 Januari 2024.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Jaringan jalan ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, di Penajam Paser Utara. Utamanya yakni dengan melintasi Jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Untuk tahap 1, Basuki menjelaskan bahwa pembangunan Jalan Tol IKN saat ini sudah berjalan pada tiga seksi. Yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, dengan progres 48 persen.

Kemudian Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 57 persen, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67 persen. Ketiga seksi inilah yang ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024.

Menterrri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

Sedangkan untuk seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN, dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI, saat ini juga sudah dimulai dilakukan pengadaan tanah dan konstruksinya dengan progres 4,8 persen pada Seksi 6A dan 17,5 persen pada Seksi 6B.

Basuki memastikan, Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN. Yang awalnya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 dengan jarak 95 km via Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku.

"Namun kini menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km," ujarnya

Diketahui, upaya peningkatan konektivitas menuju IKN juga dilaksanakan dengan melanjutkan kegiatan beautifikasi Jembatan Pulau Balang, yang sudah selesai konstruksi pada 2021 lalu.

Pekerjaan pengamanan dan beautifikasi mulai dikerjakan sejak September 2022, meliputi instalasi Structural Health Monitoring System (SHMS), armor blok beton, taman lansekap di area gedung Pusat Informasi Jembatan (PIJ), playground, ruko, toilet umum, masjid, pos jaga, floating dock, solar panel, dan amphitheatre. 

Konstruksi Jembatan Pulau Balang terdiri dari jembatan utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat sepanjang 167 meter, dan jalan akses sepanjang 1.807 meter. Pekerjaan beautifikasi masuk dalam paket Pelindung Tumbukan Kapal (Fender), dan bangunan pelengkap dengan anggaran APBN senilai Rp 306 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya