Cak Imin: Kita Eksplorasi Nikel Ugal-ugalan Lalu Hilirisasi Tanpa Pertimbangkan Ekologi

Muhaimin Iskandar Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon Wakil Presiden atau Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengingatkan pentingnya potensi sumber daya alam yang mesti terus dipromosikan. Namun, ia menyinggung eksplorasi nikel yang ugal-ugalan.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Cak Imin bicara demikian saat sesi tanya jawab dalam debat keempat Pilpres 2024. Ia menyoroti persoalan eksplorasi nikel yang ugal-ugalan lalu hilirisasi tanpa pertimbangkan ekologi.

Menurut Cak Imin, kondisi saat ini buruh lokal malah seperti diabaikan namun tenaga asing marak.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Saya setuju potensi sumber daya alam kita harus terus kita promosikan. Tetapi, harus dicatat, gara-gara kita mengeksplorasi nikel ugal-ugalan lalu hilirisasi tanpa mempertimbangkan ekologi, mempertimbangkan sosialnya, buruh kita diabaikan malah hanya tenaga asing," kata Cak Imin di arena debat keempat, JCC, Senayan, Minggu, 21 Januari 2024.

Muhaimin Iskandar Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Pun, dia juga menyoroti tenaga kerja yang jadi korban kecelakaan kerap terjadi. Lalu, dari sisi lain, menurutnya pemasukan nikel juga sangat kecil. Kata Cak Imin, kebijakan yang dibuat pemerintah malah merugikan.

"Dan yang paling parah, nikel kita berlebih produknya, sehingga bukan harga tawar kita naik, malah kemudian kita jadi korban policy kita sendiri," tutur Cak Imin.

KPU kembali menggelar debat keempat di JCC, Senayan yang diikuti tiga cawapres. Adapun tema debat keempat ini terkait dengan pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya