IDSurvey Bantu Pemasangan Instalasi Listrik Gratis bagi Masyarakat Kurang Mampu di Wilayah 3T

Ilustrasi Instalasi Listrik Rumah Tangga
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei berkomitmen untuk terus memberikan manfaat dan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti diketahui IDSurvey beraanggotakan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Lead Holding bersama PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Program bantuan yang dilaksanakn IDSurvey kali ini adalah pemasangan instalasi listrik gratis ke 80 rumah khususnya untuk keluarga miskin atau tidak mampu di wilayah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T). Bantuan diberikan langsung melalui seremoni di Kantor Desa Gambarsari, Banyumas.

Turut hadir dalam seremoni, Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT BKI (Persero), Rudy Sunaryadi, Kepala Unit TJSL PT Sucofindo, Nuri Hidayat, VP TJSL PT Surveyor Indonesia, Yen Ardhiean, Kepala Desa Gambarsari, Waluyo, Kepala Desa Tumiyang, Sutarno, Kepala Desa Kalisalak dan yang mewakili, Direktur PT. Eco Terra Dinamika dan yang mewakili, dan Lembaga Inspeksi Teknik (LIT).

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Tujuan program ini disebut adalah untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan dan pemerataan pembangunan Nasional dan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada aspek Kehidupan Sehat dan Sejahtera, serta pada aspek Energi Bersih dan Terjangkau. 

"Dikarenakan Listrik merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, kami berharap masyarakat penerima bantuan ini dapat memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produktivitas, peningkatan kualitas pendidikan dan pengetahuan masyarakat ,” ujar Rudy Sunaryadi dikutip dalam keterangan tertulis, Senin, 22 Januari 2024.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Pemerintah pastikan 25,7 juta rumah tangga miskin dapat subsidi listrik

Photo :

Bantuan yang diberikan ini disebut bukan yang pertama kali. IDSurvey terus melaksanakan upaya mendukung peningkatan taraf hidup, kesejahteraan dan produktivitas masyarakat khusunya keluarga miskin atau kurang mampu dalam memberikan akses untuk mendapatkan sambungan listrik yang belum memiliki kWh meter atau sambungan listrik dari PLN sejak tahun 2022. 

Kepala Desa Gambarsari, Waluyo mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan kepada warga kami. 

"Seperti yang diketahui dampak pandemi mempengaruhi kehidupan, terutama mempengaruhi desa kami sehingga muncul keterbatasan, seperti daya beli yang kurang, banyak pemutusan kerja terjadi, biaya petani terasa meningkat. Sehingga dengan ada bantuan ini, sangat bermanfaat untuk kami,” ujar Waluyo.

Adapun sasaran rumah yang dibantu oleh IDSurvey adalah rumah-rumah masyarakat miskin yang belum berlistrik yang tersebar di Kabupaten Banyumas Sebanyak 80 Rumah Penerima Bantuan Listrik karena termasuk wilayah 3T. Rumah tersebut telah terverifikasi baik administrasi maupun teknis, di antaranya Desa Tumiyang sebanyak 12 Rumah, Desa Gambarsari sebanyak 39 Rumah, Desa Kalisalak sebanyak 26 Rumah, dan Desa Bangsa sebanyak 3 Rumah.

“Semoga IDSurvey selalu dapat meningkatkan hubungan baik, bersinergi dan bekerja sama dengan para stakeholder (masyarakat). Bantuan Instalasi Penyambungan Listrik Rumah Gratis nantinya diharapkan dapat meningkatkan Taraf Hidup, dan Kesejahteraan, serta Kualitas hidup masyarakat. Dan penting sekali untuk keberlanjutan tetap dijaga baik hubungan maupun kearifan lokal,” tutup Rudy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya