Anak Buah Erick Thohir Bongkar Modus Penipuan Budi Said Beli Emas Antam

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga
Sumber :
  • PSSI

Jakarta - Pengusaha yang kerap disebut sebagai Crazy Rich asal Surabaya, Budi Said, telah ditetapkan oleh Kejaksaan Agung sebagai tersangka, dalam kasus dugaan rekayasa jual-beli emas PT Aneka Tambang (Antam).

Kaget Lihat Besaran Pajak 2 Mobil Ferrari Harvey Moeis yang Disita, Pantas Ada yang Nunggak

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, sejak awal proses jual-beli emas Antam yang dilakukan Budi Said sudah terlihat janggal. Terutama dengan adanya diskon pembelian yang mengaku diterimanya, yang bisa membuatnya mendapat keuntungan secara instan.

Arya menjelaskan, dalam setiap pembelian emas Antam yang dilakukan Budi Said, pengusaha itu mengaku mendapat diskon hampir 20 persen. Dari diskon itu saja, Budi Said bakal mendapat keuntungan 15 persen dari nilai emas yang dijualnya dengan melakukan buyback atau menjual kembali emasnya kepada Antam.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Budi Said

Photo :
  • Istimewa

"Mana ada investasi kaya gitu? Dia pergi ke butik emas (Antam), beli emas, dapat diskon hampir 20 persen. Kalau langsung di-buyback, karena dia (Antam) punya kewajiban buyback, langsung dia (Budi Said) margin-nya (keuntungan) 15 persen," kata Arya saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 22 Januari 2024.

Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Fakta-fakta itulah yang diakui Arya, telah membuat perjanjian pembelian emas oleh Budi Said itu menjadi sangat janggal. Karena anehnya, seseorang bisa langsung mendapatkan keuntungan instan dari investasi emas Antam. Sehingga, Arya mengaku bahwa Kementerian BUMN langsung menduga adanya rekayasa proses jual-beli, yang dilakukan Budi Said dengan oknum pegawai butik Antam.

"Mana pernah ada (model pemberian diskon seperti itu?) Kalau ada yang begitu, kita berhenti kerja aja bro, ngapain kamu kerja. Ambil uang, beli saja emas Antam, dan tiap hari margin 15 persen," ujar Arya.

Dengan strategi curang semacam itu, Arya bahkan meyakini bahwa siapapun akan bisa kaya dari investasi yang dilakukan, hanya dengan membeli emas dan untung secara instan.

"Nanti seluruh dunia akan datang ke sini. Warren Buffett datang ke sini, Elon Musk datang ke sini, semua makhluk di universe ini datang ke sini, karena ini investasi paling keren versi Budi Said," kata Arya.

Karenanya, Arya mengaku sangat heran, bagaimana Budi Said bisa melakukan pembelian emas dengan diskon yang sangat besar berkali-kali. Bahkan pengusaha properti asal Surabaya itu sampai bisa menuntut Antam atas kasus wanprestasi 1,1 ton emas.

"Herannya saya tuh, Budi Said hampir berkali-kali, atau puluhan kali melakukan transaksi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya