Genjot Bisnis Keberlanjutan, Pupuk Indonesia Usung Inovasi Pelaporan Aspek ESG

Produksi Pupuk Indonesia.
Sumber :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

Jakarta – PT Pupuk Indonesia (Persero) menegaskan komitmen mereka dalam mengusung aspek berkelanjutan, melalui penerapan aspek di bidang Environmental, Social, Governance (ESG).

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Senior Vice President (SVP) Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana menegaskan, komitmen yang dijalankan pihaknya itu bukan semata-mata hanya untuk memenuhi aturan saja.

"Lebih dari itu, program keberlanjutan sudah menjadi bagian dari operasional perusahaan, dan instrumen penting dalam meningkatkan daya saing usaha," kata Wijaya dalam keterangannya, Selasa, 23 Januari 2024.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Karenanya, Wijaya pun mengaku sangat mengapresiasi bahwa inovasi Pupuk Indonesia di bidang ESG, telah mendapatkan apresiasi dari sejumlah stakeholder. Misalnya seperti anugerah Avirama Nawasena untuk kategori Penciptaan Pelaporan yang Berkelanjutan (Sustainable Accountability Disclosure and Reporting), dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB).

Sebagai perusahaan global yang menduduki peringkat nomor enam di dunia, Wijaya memastikan bahwa Pupuk Indonesia harus terus mengembangkan inisiatif-inisiatif Sustainable Development Goals (SDGs). Selanjutnya, inisiatif tersebut dilaporkan secara konsisten sejak tahun 2013, melalui Sustainable Report.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi inisiatif SBM ITB dalam penyelenggaraan penghargaan Inovasi ESG Award 2024 dan Avirama Nawasena ini. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan dapat membangkitkan awareness generasi muda akan nilai industri yang berkelanjutan," ujar Wijaya.

Dia menambahkan, penghargaan ini tidak hanya menjadi penghargaan bagi Pupuk Indonesia, melainkan juga bentuk pengakuan kepada semua pihak yang telah bersama-sama berkontribusi dalam mendukung ekonomi masa depan yang berkelanjutan. Menurutnya, penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pupuk Indonesia selalu berkomitmen menerapkan keberlanjutan, melalui pelaporan yang berhasil mengomunikasikan program ESG dengan baik.

Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Antara/Rosa Panggabean.

"Sehingga stakeholder dapat memahami program-program yang telah dijalankan perusahaan. Pupuk Indonesia percaya bahwa keberlanjutan adalah usaha bersama, dan pencapaian ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan semua pihak, termasuk mitra industri, pemerintah, dan masyarakat sekitar," ujar Wijaya.

"Penerimaan penghargaan ini menjadi pengingat bagi kami, untuk terus menerapkan prinsip berkelanjutan dalam operasional bisnis. Kami berkomitmen untuk terus belajar, berkembang, dan berinovasi, agar dapat memberikan dampak positif yang lebih besar lagi bagi lingkungan dan masyarakat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya