Investasi JORR 2 Capai Rp 4 Triliun, Kemenkeu: pelengkap Jaringan Tol Jabodetabek

tol Cinere-Serpong.
Sumber :
  • Dokumentasi Jasa Marga.

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan, total investasi Jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor mencapai Rp 4 triliun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri sudah meresmikan tol ini pada 8 Januari 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 pelengkap struktur jaringan tol Jabodetabek. Jalan sepanjang 14,8 km dibangun dengan total investasi Rp 4 triliun," tulis Kemenkeu lewat Instagramnya @kemenkeuri Rabu, 24 Januari 2024.

Kemenkeu mengatakan, hingga 31 Desember 2023 Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah membiayai pengadaan lahan untuk percepatan pembangunan dengan APBN senilai Rp 7,85 triliun.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Dijelaskan, tujuan dibangunnya tol tersebut untuk memperlancar mobilitas orang, barang dan logistik. Kemudian mengurangi kemacetan, dan menyediakan alternatif pilihan bagi masyarakat untuk menggunakan ruas jalan yang lebih lancar.

Tol Serpong-Cinere

Photo :
  • Jasa Marga
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

"Warga Cibubur, Bogor dan Tangerang kini bisa langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta tanpa perlu lewat kota," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan Jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, terdiri dari Tol Lingkar Dalam, ada JORR, Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Dan jalan tol ini adalah bagian dari JORR 2. Yang juga tinggal nanti beberapa kilometer lagi, tadi saya tanya ke Menteri PU (Basuki Hadimuljono) bisa diselesaikan kuartal kedua tahun ini,” ujarnya.

Tol Serpong-Cinere

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Presiden mengatakan pengoperasian jalan tol ini akan memberikan banyak pilihan ke masyarakat, khususnya di Cibubur-Bogor-Tangerang untuk jangkau tempat seperti Bandara Soekarno-Hatta dan lainnya, tanpa harus perlu masuk ke Tol Dalam Kota.

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang logistik yang kita harapkan ini akan mengurangi kemacetan, dan masyarakat memiliki pilihan, memiliki alternatif dengan menggunakan ruas jalan yang lebih lancar,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya