Curhat Kemenkeu Sulit Tertibkan Menjamurnya Lelang Liar di Medsos

Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka-bukaan soal sulitnya memberantas lelang liar di lapangan. Sebab lelang liar ini tercatat masif dilakukan melalui sosial media.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto mengatakan, dalam pemberantasan lelang liar khususnya perorangan memang sulit dilakukan. Pasalnya, lelang liar ini akan mengganggu ekosistem lelang di dalam negeri.

“Yang perorangan agak sulit karena masif, ada macam-macam di sosial media ada di Instagram dan Facebook,”ujar Joko dalam Media Briefing di Jakarta, Kamis, 25 Januari 2024.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Kendati demikian, Joko menegaskan bahwa pihaknya tetap berupaya memberantas lelang liar. Salah satunya dengan memberikan surat teguran secara langsung.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Joko mencontohkan, terdapat salah satu perusahaan yang melakukan transaksi jual dan beli dengan mekanisme lelang. Namun, perusahaan tersebut tidak memiliki izin lelang dari DJKN.

“Setelah kami tegur keras, akhirnya mereka sudah melakukan permohonan izin untuk membuka balai lelang dan berikut komunikasi pejabat lelang kelas 2,” jelasnya.

Ilustrasi lelang mobil

Photo :
  • Autobox

Adapun nilai transaksi lelang sepanjang 2023 tembus Rp 44,34 triliun, dari target Rp 33 triliun. Angka ini lebih tinggi dari realisasi 2022 yang sebesar Rp 35,23 triliun.

"Tahun 2023 ini capaian yang menurut kami sangat luar biasa, karena dari target Rp 33 triliun kita mencapai Rp 44,3 triliun. Capaian ini juga tertinggi sepanjang sejarah lelang di Indonesia 115 tahun," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya