Anggota DPR RI Paling Rajin Naik Kereta Cepat Whoosh Bisa 2 Kali Sehari, Ini Orangnya

Whoosh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta – Siapa yang paling sering naik kereta cepat Whoosh? Jawabannya adalah anggota DPR RI. Bahkan bisa dua kali dalam sehari. Siapa mereka ini?

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi memastikan, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), cukup sering menggunakan kereta cepat Whoosh.

Bahkan, selain sampai menghapal siapa saja nama-nama para anggota legislatif yang sering naik Whoosh setiap harinya, Dwiyana mengaku tahu bahwa ada anggota DPR yang naik Whoosh sampai dua kali dalam sehari.

Komisi II DPR Dorong Revisi UU Pemilu Awal Periode 2024-2029

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh tahap 2

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

"Nama-namanya saja (saya) hapal. Bahkan ada juga yang (sehari) beliau bisa 2-3 kali (naik Whoosh)," kata Dwiyana di DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Januari 2024.

Hak Angket Makin Gelap, Cak Imin Sebut PKB Berkeinginan Tetap Berjalan

Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa saat ini Whoosh telah menjadi salah satu moda transportasi yang ramai digunakan oleh masyarakat, termasuk para anggota parlemen tersebut.

Dwiyana menjelaskan, tingginya frekuensi penggunaan Whoosh oleh anggota DPR itu, antara lain dimanfaatkan untuk sejumlah kepentingan pekerjaan. Seperti misalnya untuk berkampanye, rapat, hingga melakukan kunjungan kerja. 

Puan Maharani pakai baju kuning saat naik Whoosh

Photo :
  • Instagram @puanmaharani

"Whoosh menjadi alternatif moda transportasi bagi para anggota DPR, termasuk Bu Puan (Puan Maharani). Tapi kan (penggunaan Whoosh) tidak hanya masalah kampanye. Ada rapat, kunjungan kerja, dan lain-lain," ujar Dwiyana.

Karenanya, Dwiyana menegaskan bahwa KCIC akan selalu berupaya memberi pelayanan maksimal bagi para anggota DPR RI tersebut. Dimana salah satunya terkait dengan urusan keprotokolan. Apalagi, Dwiyana mengakui bahwa dirinya terkadang ikut menjemput dan mengantar para anggota DPR tersebut, yang menggunakan Whoosh untuk perjalanan Jakarta-Bandung mereka.

"Alhamdulilah kita bisa melayani dengan baik, termasuk soal protokolernya. Saya sering juga menyambut atau protokoler kami juga akan berjalan sesuai protap yang ada," ujarnya.

Diketahui, tingginya frekwensi penggunaan Whoosh oleh para anggota DPR RI, membuat KCIC meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Sekretaris Jenderal DPR RI pada Kamis, 25 Januari 2024. MoU ini berkaitan dengan pelayanan perjalanan bagi para anggota DPR RI, dengan menggunakan kereta api. 

"Saat ini Whoosh menjadi alternatif moda transportasi yang digunakan oleh para anggota DPR, termasuk Bu Puan," ujar Dwiyana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya