Lelang Hasil Sitaan Kemenkeu Paling Mahal Aset Jiwasraya

Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, DJKN Kementerian Keuangan atau Kemenkeu, mencatat total pokok lelang sepanjang 2023 mencapai Rp 44,34 triliun. Salah satu lelang termahal, yakni aset sitaan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sebesar Rp 1,9 triliun.

Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto, membeberkan untuk hasil lelang dengan nilai besar yakni berupa saham tambang batu bara yang merupakan aset sitaan dari kasus Jiwasraya.

“(Lelang) yang besar-besar yaitu dalam rangka penegakan hukum, kasus Jiwasraya ada penyitaan saham tambang batu bara di Kalimantan Timur, itu Rp 1,9 triliun lakunya. Itu permohonan dari Kejaksaan Agung,” kata Joko dalam Media Briefing di Jakarta, Kamis, 25 Januari 2024.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

PT Asuransi Jiwasraya (Persero)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud


Joko mengatakan, dari total pokok lelang itu, kedua termahal yakni aset hak tanggungan kebun kelapa sawit di Sumatera sebesar Rp 1,9 triliun.

"Dari dua lelang ini, cukup besar, memberikan kontribusi kurang lebih Rp 4 triliun," jelasnya.

Adapun DJKN mencatat, nilai transaksi lelang sepanjang 2023 tembus Rp 44,34 triliun, dari target Rp 33 triliun. Angka ini lebih tinggi dari realisasi 2022 yang sebesar Rp 35,23 triliun.

"Tahun 2023 ini capaian yang menurut kami sangat luar biasa, karena dari target Rp 33 triliun kita mencapai Rp 44,3 triliun. Capaian ini juga tertinggi sepanjang sejarah lelang di Indonesia 115 tahun," terangnya.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi pers APBN KITA Edisi April 2024, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 26 April 2024

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, kinerja APBN sampai dengan Maret 2024 tetap sesuai dan berada dalam track-nya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024