Tantangan ke Morowali Diterima Cak Imin, Luhut: Telepon Saya Saja, Mau Kapan?

Menteri koordinator maritim dan investasi, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, dirinya sangat siap dihubungi oleh Calon Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, untuk mengecek langsung soal hasil hilirisasi nikel ke lokasi pertambangan di Morowali dan Weda Bay.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Hal itu merupakan respons Luhut, usai Cak Imin menerima ajakannya untuk mengecek ke lapangan soal hasil hilirisasi nikel di Morowali dan Weda Bay tersebut.

Bahkan, Luhut mengatakan bahwa Cak Imin pasti memiliki nomor kontaknya, dan tinggal menelepon untuk kemudian menentukan jadwal berkunjung ke kedua lokasi tersebut.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Cak Imin.

Photo :

"Ya sudah pergi saja sana dia lihat. Kalau dia Muhaimin itu bilang mau ketemu saya, dia ada nomor telepon saya, telepon saja, mau kapan? Pergi dia ke sana (Morowali dan Weda Bay)," kata Luhut saat ditemui di kantornya, Jumat, 26 Januari 2024.

Parpol Anggota KIM Tak Perlu Risau dengan Pertemuan Prabowo-Cak Imin, Kata Elite PKB

Berdasarkan laporan pihaknya, Luhut mengatakan bahwa sejauh ini masyarakat di Morowali dan Weda Bay mengaku sudah menikmati hasil ekonomi dari upaya hilirisasi yang dilakukan pemerintah.

"Itu yang paling banyak saya lihat komentar itu dari Morowali, Weda Bay, mereka bilang kami menikmati adanya downstreaming ini," ujarnya.

Diketahui, dalam debat Calon Wakil Presiden pada Minggu, 21 Januari 2024 lali, Cak Imin sempat menyinggung kebijakan hilirisasi di sektor tambang yang menurutnya serampangan. Dia juga menilai, kebijakan itu tidak memberikan efek kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

"Dan kita menyaksikan dalam proses penambangan dan bisnis tambang kita hilirisasi dilakukan ugal-ugalan. Merusak lingkungan, ada kecelakaan, tenaga asing mendominasi," kata Cak Imin dalam debat Cawapres, Minggu, 21 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya