Penguatan IHSG Ditopang Pertumbuhan Ekonomi RI 2023, Cek Saham-saham yang Potensi Cuan

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta - Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 31 poin atau 0,44 persen di level 7.230, pada pembukaan perdagangan Selasa, 6 Februari 2024. Ada prediksi IHSG menguat terbatas.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed dan menguat terbatas pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed dan menguat terbatas," kata Ratih dalam riset hariannya, Selasa, 6 Februari 2024.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Karyawan melewati monitor pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Plaza Bank Mandiri, Jakarta. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2023 tercatat 5,04 persen. Angka itu menurutnya lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 4,94 persen.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Pun, secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2023 sebesar 5,05 persen. Sementara, pada tahun 2022 sebesar 5,31 persen.

"Aktivitas ekonomi tumbuh di atas proyeksi IMF sebesar 5 persen, meskipun BI menetapkan kebijakan suku bunga tinggi," ujar Ratih.

Dia menambahkan, akselerasi tersebut didorong oleh kebijakan insentif fiskal dan pengendalian inflasi. Sedangkan, pelaku pasar melakukan aksi wait and see, di tengah hari perdagangan bursa yang terbatas pada pekan ini.

"IHSG diprediksi bergerak mixed dan menguat dalam range 7.160-7.230," lanjutnya.

Selain itu, Ratih juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati berpotensi cuan pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni MYOR, MIDI, SMGR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya