Ide Ubah BUMN jadi Koperasi Dinilai Kemunduran Tata Kelola Perusahaan Negara

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala Intan
Sumber :
  • ANTARA/HO-PT Pupuk Indonesia

Jakarta – Srikandi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai ide mengubah BUMN menjadi koperasi akan mengecewakan banyak perempuan yang telah mendapatkan kepercayaan untuk mengemban sejumlah posisi strategis di BUMN. Ketua Srikandi BUMN Tina Kemala Intan mengatakan, wacana tersebut menjadi langkah mundur bagi tata kelola perusahaan milik negara.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

"Tentu ide ini sangat menyakitkan bagi kami, para perempuan, yang telah berjuang untuk mendapatkan kesamaan hak dan kesempatan di BUMN," ujar Tina melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Logo baru Kementerian BUMN

Photo :
  • Istimewa
Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Tina menyampaikan, keberhasilan transformasi BUMN dalam beberapa tahun terakhir tak hanya berdampak signifikan pada aspek kinerja perusahaan, tapi juga implementasi nilai-nilai sosial dan kesetaraan gender di lingkungan BUMN.

"Dalam empat tahun terakhir di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, BUMN telah melakukan banyak terobosan konkret dalam memberikan kesempatan kepada perempuan," katanya.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

BUMN saat ini sangat berpihak pada keterwakilan perempuan dalam tubuh perusahaan. Hal ini terlihat dari jumlah direksi BUMN yang mana 21 persennya merupakan perempuan dan ditargetkan akan mencapai 25 persen dari total seluruh direksi BUMN.

Srikandi BUMN juga secara intens berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, melalui program Employee Well-Being Concern.

Hal ini menjadi sebuah inisiatif yang akan memberikan landasan kuat bagi perusahaan dan organisasi BUMN dalam meningkatkan kualitas hidup karyawan.

"Kalau status BUMN diubah menjadi koperasi, kami tidak yakin para perempuan akan mendapatkan kesempatan yang sama dengan apa yang telah dilakukan di BUMN saat ini," ucapnya.

Keberpihakan terhadap perempuan di BUMN tak sekadar hanya wacana belaka, melainkan telah terimplementasi nyata melalui berbagai program strategis, termasuk masuk ke dalam cetak biru 2024-2034.

Gedung Kementerian BUMN. Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Komitmen yang tertuang dalam cetak biru tersebut menekankan pentingnya peranan perempuan dalam mengatasi banyak persoalan di BUMN, mulai dari aspek operasional, kesehatan mental, fasilitas daycare, hingga financial support.

"Kami tentu berharap program kepemimpinan perempuan yang sudah baik ini dapat terus terjadi dan semakin meningkat," kata Tina. (ANT)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya