Strategi Kemenhub Permudah Jalur Informasi Soal Transportasi Laut

Transportasi Laut Antar Pulau
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui media komunikasi kelolaannya, yakni contact center 151, berkomitmen untuk mengantisipasi perubahan teknologi informasi di era digilatisasi. Utamanya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, langsung, dan efektif.

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Lollan Panjaitan menjelaskan, melalui layanan contact center 151 yang terintegrasi dengan aplikasi Omnix, masyarakat dapat terhubung langsung untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan pertanyaan melalui media whatsapp messenger, telefon, maupun email.

"Terutama yang berkaitan dengan pelayanan di bidang transportasi laut," kata dalam keterangannya, Selasa, 6 Februari 2024.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia / Kemenhub RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Karenanya, dalam rangka mendukung kemajuan teknologi tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut c.q. Bagian Umum dan Perlengkapan, menggelar acara updating product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151, pada 5-8 Februari 2024 di Padang.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Lollan berharap, kegiatan updating product dan pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151 kali ini, dapat meningkatkan pengelolaan layanan Contact Center 151 di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat," ujarnya.

Lollan meyakini, pelayanan melalui tersebut akan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan publik, sehingga bisa menjadi media komunikasi langsung dengan masyarakat.

Karenanya, Dia pun menegaskan perlunya penyiapan informasi dan pemantauan, guna mendukung layanan contact center. Sehingga, perlu disiapkan petugas yang siaga untuk menjawab pertanyaan yang masuk melalui layanan itu.

"Saya minta kepada seluruh peserta yang hadir agar mengikuti pelatihan dengan serius dari awal sampai selesai sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh melalui pelatihan ini dapat dilaksanakan dan diaplikasikan dalam peningkatan layanan contact center 151," ujarnya.

Ilustrasi Kabel Telepon

Photo :
  • eb23.org

Diketahui, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tercatat menjadi subsektor di Kementerian Perhubungan, yang memiliki traffic tertinggi pada Contact Center 151 Kemenhub periode Januari hingga Desember 2023. Yakni sebanyak 5.174 tiket, atau sebesar 36,86 persen dari total Traffic Contact Center 151.

Rinciannya, voice sebanyak 3.130 tiket, email 1.419, dan WhatsAap sebanyak 625. Untuk informasi dan pengaduan terkait rencana pengoperasian kapal, telah menjadi informasi dan pengaduan tertinggi yang diminta serta diadukan oleh masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya