42 Proyek Proyek Strategis Nasional Jokowi Dipastikan Tak Rampung pada 2024

Jokowi hadiri Acara Sewindu Proyek Strategis Nasional di Mal Kota Kasablanka
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Sebanyak 42 Proyek Strategis Nasional (PSN) dipastikan belum rampung hingga akhir tahun 2024. Untuk nilai PSN yang penyelesaiannya di atas tahun 2024 tersebut sebesar Rp 1.427,36 triliun. 

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian, Suroto mengatakan, untuk sejumlah PSN yang belum rampung hingga berakhirnya masa kepemimpinan Jokowi antara lain, MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu), Jalan Tol hingga Bendungan.

“Beberapa PSN yang tidak selesai 2024 yaitu, MRT NS (North-South) Line, MRT EW (East-West) Line, Tol Getaci, Tol Gilimanuk-Mengwi dan beberapa ruas JTTS (Jalan Tol Trans Sumatera), Bendungan Karangnongko dan sebagainya,” ujar Suroto kepada awak media Rabu, 7 Februari 2024.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek strategis nasional (PSN) Tangguh Train 3, yakni proyek pengembangan kilang gas alam cair liquified natural gas (LNG) di Teluk Bintuni.

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Suroto menuturkan, untuk sejumlah PSN seperti MRT, Tol Getaci dan Tol Gilimanuk-Mengwi sedang dalam proses pemenuhan pembiayaan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Yang MRT sudah, yang Tol Getaci dan Tol Gilimanuk-Mengwi sedang proses pemenuhan pembiayaan, karena masih proses lelang ulang,” imbuhnya.

Media Briefing Progres Proyek Strategis Nasional dan Kebijakan Satu Peta Tahun 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Kendati demikian, Pemerintah memastikan proyek-proyek tersebut akan dilanjutkan hingga selesai.

Adapun di tahun 2024 akan ada 25 PSN dengan nilai Rp 151,58 triliun yang akan selesai sampai dengan 20 Oktober 2024. Adapun antara 20 Oktober sampai Desember 2024 ada 12 proyek strategis nasional dengan nilai mencapai Rp 23,45 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya