PLN IP Siap Suplai Listrik 18,85 Giga Watt Dukung Kelancaran Pemilu 2024

PLTA PLN Indonesia Power. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Dok. PLN Indonesia Power.

Jakarta – PLN Indonesia Power (PLN IP) menyatakan siap menyuplai listrik sebesar 18,85 Giga Watt (GW) dengan lebih dari 400 mesin yang tersebar di 107 lokasi agar pasokan listrik tercukupi saat pemilihan umum (Pemilu) 2024. PLN IP dengan berbagai unit pembangkitnya di seluruh penjuru Tanah Air akan mendukung pesta demokrasi di seluruh Indonesia berjalan lancar dengan pasokan listrik yang andal.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Menutur Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra, pihaknya telah menerapkan masa siaga mulai tanggal 11 hingga 17 Februari 2024 dengan membangun Posko Siaga Keandalan di 76 lokasi. Hal ini untuk menjaga pasokan listrik dari sisi pembangkitan agar tetap andal selama masa Pemilu 2024,

"Sebagai Subholding Generation Company, PLN Indonesia Power berperan penting di sisi hulu dalam menjaga keandalan pasokan listrik untuk mendukung kesuksesan pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali," ucap Edwin dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 Februari 2024.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

PLTA Saguling yang dikelola PLN Indonesia Power.

Photo :
  • Dok. PLN IP

Edwin melanjutkan, terdapat 431 unit mesin pembangkit listrik yang tersebar di 107 wilayah siap mendukung siaga kelistrikan Pemilu 2024. Saat ini kecukupan daya mampu netto yang dimiliki PLN Indonesia Power sebesar 18,85 GW, daya mampu pasok total sebesar 15,69 GW, dengan rata-rata availability factor (AF) 94.31 persen.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

"Dengan kapasitas pasokan yang kami miliki, kami optimis dapat memenuhi kebutuhan listrik selama proses Pemilu 2024 berlangsung," ujarnya.

Edwin menambahkan, untuk menjaga kinerja pembangkit tetap optimal dalam memasok listrik, PLN Indonesia Power telah memastikan kesiapan seluruh komponen, mulai dari energi primer pembangkit hingga sumber daya manusianya. 2.298 Insan PLN IP dikerahkan, di mana 675 orang adalah personil pemeliharaan dan 1.623 orang personil pengamanan korporat yang siap mengawal pesta demokrasi dengan hadirkan pasokan listrik andal dan tercukupi.

Selain itu untuk memastikan keamanan operasionalnya PLN Indonesia Power juga menyiagakan 22 Unit Kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) dan 18 Unit Ambulance serta memastikan material cadang gangguan dalam jumlah cukup.

Dirut PLN Komitmen Sukseskan Pemilu 2024

 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo

Photo :
  • Dok. PLN

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasojo menyampaikan bahwa PLN bersama Pemerintah berkomitmen untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024. PLN telah memproyeksikan sistem kelistrikan dalam kondisi aman pada hari H Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024.

"PLN fokus mengamankan pasokan listrik untuk mendukung kelancaran Pemilu 2024. Kita sudah siapkan seluruhnya sejak dua bulan lalu, sekarang sudah paripurna," ujar Darmawan dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut Darmawan memastikan seluruh pembangkit dalam kondisi yang prima dengan Hari Operasi Pembangkit (HOP) di atas 20 hari.  "Direksi Holding, Subholding dan seluruh unit sudah memberikan laporannya, semua  infrastruktur dalam kondisi prima. Pasokan kelistrikan tercukupi dan sistem dipastikan andal," tegas Darmawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya