Cek Sekarang! Rapel Kenaikan Gaji Pensiunan PNS Sudah Mulai Cair

Ilustrasi uang tunai/gaji/pesangon.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta – PT Taspen (Persero) mulai menyalurkan pembayaran pensiun, kepada seluruh peserta pensiunan sesuai dengan penyesuaian pokok baru. Hal ini seiring dengan kenaikan gaji sebesar 12 persen, untuk pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlaku 1 Januari 2024.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Mengingat pembayaran pensiun bulan Januari dan Februari 2024 masih menggunakan pensiun pokok lama, maka Direktur Utama Taspen, A.N.S Kosasih mengatakan, kekurangan pembayaran atau rapel uang pensiun untuk bulan Januari dan Februari 2024 akan dilakukan paling cepat mulai 13 Februari 2024 melalui Kantor Bayar Pensiun (Mitra Bank/Pos).

“Sejalan arahan Pemerintah, penyesuaian pensiun pokok diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pensiunan serta memberikan multiplier effect yang semakin menggerakkan roda perekonomian Indonesia," ujar Kosasih dalam keterangannya, Selasa, 13 Februari 2024.

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Direktur Utama Taspen A N S Kosasih

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

Adapun melalui pengumuman TASPEN Nomor: PUM-01/DIR/2024 tentang Penetapan/Penyesuaian Pensiun Pokok Pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Purnawirawan TNI, Purnawirawan POLRI, Tunjangan Kehormatan Anggota Komite Nasional Pusat, Tunjangan Perintis Pergerakan Kebangsaan/Kemerdekaan dan Janda/Warakawuri/Dudanya.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Dalam pengumuman itu, disebutkan bahwa masing-masing penerima pensiunan dengan daftar pembayaran tersendiri dan pembayaran pensiun untuk bulan Maret 2024 dan seterusnya sudah menggunakan pensiun pokok baru.

Bagi para penerima pensiun yang pensiun pertamanya dibayarkan tanggal 14 Januari sampai dengan 12 Februari 2024, maka kekurangan pembayaran pensiunnya dapat dilakukan mulai tanggal 19 Februari 2024 melalui transfer pada rekening para penerima pensiun.

Kemudian pelaksanaan pembayaran kekurangan uang pensiun atas penyesuaian pensiun pokok tersebut tidak perlu diurus, tanpa administrasi/dokumen. Serta tidak ada biaya apapun dan uangnya langsung masuk pada rekening masing-masing penerima pensiun.

Sementara itu, Direktur Operasional Taspen Ariyandi mengatakan penyesuaian pensiun pokok pensiunan yang berlaku terhitung tanggal 1 Januari 2024 hanya dilakukan melalui situs resmi TASPEN.

“Kami mengimbau untuk meningkatkan kehati-hatian dan bersikap waspada atas seluruh informasi yang beredar serta penipuan yang mengatasnamakan Taspen, serta melakukan verifikasi informasi melalui Kantor Cabang Taspen terdekat atau sumber terpercaya lainnya guna menghindari penyebaran berita bohong/berita palsu," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya