Zulhas Minta Maaf ke Jajaran Kemendag Tak Fokus karena Sibuk Kampanye

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Semarang – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan atau Zulhas, meminta maaf kepada seluruh pejabat di Kementerian Perdagangan, karena dia dan Jerry Sambuaga selaku Wakil Menteri Perdagangan tidak fokus menjalankan tugasnya sebagai Mendag di era kampanye Pilpres lalu.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Hal itu diutarakannya, saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2024 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah hari ini.

"Saya minta maaf kalau kadang-kadang enggak fokus. Saya sama Pak Jerry (Wamendag) ini sama, ya kami hari-hari hampir 2 bulan ini kan mikirnya cuma satu jurus saja gitu," kata Zulhas, dikutip dari siarang daring Kemendag, Selasa, 20 Februari 2024.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Bahkan akibat ketidakfokusannya di era kampanye itu, Zulhas mengaku kerap tidak nyambung jika diajak berdiskusi dengan para pejabat Eselon 1 di Kemendag. Terlebih, saat ini kesibukan di urusan Pilpres itu diakuinya belum juga usai.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang juga Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengatakan Prabowo-Gibran datang ke Istora Senayan, Jakarta, lebih cepat, Rabu 14 Februari 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

"Jadi kalau diajak ngomong sama Eselon 1 kadang-kadang enggak nyambung. Apalagi hari-hari ini masih urusan posisi, apakah ini aman atau tidak. Masih ada lanjut pertarungannya," ujarnya.

Meski demikian, Zulhas mengaku senang bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul di Quick Count, sehingga kerja kerasnya berkampanye selama berbulan-bulan seakan hilang akibat hasil perhitungan sementara tersebut.

"Tapi walaupun capek berbulan-bulan, kalau menang itu enak Pak. Capeknya hilang," kata Zulhas.

Karenanya, di Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2024 ini, Zulhas mengajak seluruh elemen Kemendag mensyukuri capaian hasil kerja yang berhasil diraih sebelumnya. Dia meyakini, hal itu merupakan hasil dari sinergi antarpara pihak terkait, baik di jajaran Kemendag maupun antar Kementerian/Lembaga terkait lainnya.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia/Kemendag

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

"Harus kita syukuri dan saya juga mengucapkan terima kasih yang tidak terkira, kepada seluruh pejabat kementerian, para kepala dinas provinsi/kota, dan seluruh saudara-saudara atas capaian yang sudah kita kerjakan," ujar Zulhas.

"Apa yang kita capai hari ini tentu tidak mungkin bisa terlaksana. Karena itu sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada saudara-saudara semuanya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya