Bank Mandiri: Dinamika Geopolitik Jadi Tantangan Ekonomi Global 2024

Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro, Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Eka Fitria, dan Direktur Capital Market Mandiri Sekuritas, Silva Halim, dalam telekonferensi pers 'Pre-Event : Mandiri Investment Forum (MIF) 2024'.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Tantangan yang bakal dihadapi dunia di tahun 2024 ini sangat besar. Aspek geopolitik akan tetap menjadi suatu faktor yang membuat perkiraan-perkiraan para pelaku usaha bisa jadi benar atau bahkan meleset.

Tensi Geopolitik Global Makin Tinggi, Sri Mulyani Waspadai Dampaknya ke Harga Minyak Dunia

"Kondisi geopolitik ini akan menentukan, apakah aspirasi dan asumsi semua pihak itu berjalan sesuai dengan rencana atau tidak," kata Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Eka Fitria dalam telekonferensi 'Pre-Event : Mandiri Investment Forum (MIF) 2024', Rabu, 21 Februari 2024.

Pertumbuhan ekonomi global

Photo :
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Bank Mandiri bersama Mandiri Sekuritas akan menggelar Mandiri Investment Forum (MIF) 2024, mulai tanggal 4-8 Maret 2024 mendatang. Ajang ke-13 MIF ini mengusung tema 'Thriving Through Transition', guna membahas isu-isu strategis terkait prospek ekonomi Indonesia di tengah tahun pemilu global (super election year).

Eka mengatakan, jika pada MIF 2023 lalu tema 'Prevailing Over the Turbulence' membahas soal mitigasi risiko terkait gejolak geopolitik global, maka di tahun 2024 ini hal tersebut nyatanya masih relevan.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Dia pun memastikan bahwa MIF 2024 akan membahas dan mengantisipasi hal-hal apa saja yang mungkin timbul, dari gejolak geopolitik global di tahun 2024 tersebut.

"Utamanya yang dapat mempengaruhi Indonesia, sehingga dapat dilihat solusi-solusi apa saja yang bisa diambil atas hal-hal yang diperkirakan dapat memberikan dampak bagi perekonomian di dunia maupun Indonesia," ujarnya.

Eka menjelaskan, penyelenggaraan MIF tahun ini akan diselenggarakan satu minggu atau 5 hari kerja, mulai dari tanggal 4 sampai 8 Maret 2024. Event utama Makro Day di MIF 2024 kali ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2024, dengan format hybrid.

Hal itu mengingat bahwa Mandiri Investment Forum ini merupakan satu-satunya event investasi yang bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, sehingga secara internasional diikuti oleh peserta di lebih dari 30 negara.

"Kami harapkan seperti di tahun 2023 lalu, maka MIF 2024 akan diikuti oleh lebih dari 20.000 peserta baik online maupun offline," ujarnya.

Sebagai informasi, event offline MIF 2024 akan berlangsung di Ballroom Hotel Fairmont, dan akan diikuti oleh berbagai macam undangan. Baik investor internasional, pelaku bisnis, akademisi, dan juga para pelaku industri terkait dengan topik-topik yang relevan, yang akan dibawakan di forum MIF pada tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya