Perusahaan Konstruksi Terbesar Asal Kazakhstan Jajaki Minat Investasi di IKN

Delegasi Kazakhstan didampingi Dubes M. Fadjroel Rachman, mengunjungi IKN untuk kedua kalinya untuk menjajaki investasi. (Dok. OIKN)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Delegasi perusahaan konstruksi terbesar di Asia Tengah yang berasal dari Kazakhstan, BI Group, mengunjungi IKN Nusantara guna menunjukkan minat investasi mereka di sana.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, M. Fadjroel Rachman mengatakan, kedatangan delegasi BI Group tersebut merupakan kunjungan mereka yang kedua di IKN Nusantara.

"Kali ini kami (KBRI Kazakhstan) membawa perusahaan konstruksi terbesar Asia Tengah yang berasal dari Kazakhstan, yaitu BI Group," kata Fadjroel dalam keterangannya, Jumat, 23 Februari 2024.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Presiden Jokowi bersama para menteri kemah di IKN Nusantara

Photo :
  • Setkab

Dia menjelaskan, sejak awal tujuan KBRI Kazakhstan membawa BI Group ke IKN, adalah untuk meningkatkan minat mereka dalam berinvestasi di Nusantara.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Dengan pengalaman mereka membangun ibu kota baru dan dalam level perusahaan multinasional, kami harap akan ada perkembangan positif setelah kunjungan ini," ujarnya.

BI Group merupakan perusahaan konstruksi multinasional swasta asal Kazakhstan, yang telah banyak dipercaya membangun proyek-proyek besar di Asia Tengah. BI Group juga perusahaan utama yang membangun Ibu Kota Astana, sebagai ibu kota baru modern milik Kazakhstan yang telah dibangun pada 1997.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono menyebut, intensitas kunjungan para investor ke IKN, terlebih dari BI Group, menunjukkan besarnya minat investor utamanya dari perusahaan-perusahaan swasta luar negeri.

"Dan dalam minggu ini, akan ada juga dua kali kunjungan potensial investor ke IKN. Semoga ini adalah indikasi makin besarnya minat investor ke IKN setelah berlangsungnya Pemilu yang damai dan membawa kestabilan, sebagai prasyarat investasi," kata Agung.

Apresiasi juga disampaikan oleh Direktur Global Business Development BI Group, Metin Palik, mengenai keseriusan dan kesiapan akan pembangunan yang dilakukan di Wilayah IKN.

"BI Group telah banyak melakukan pekerjaan konstruksi dalam kuantitas besar dan bahkan untuk pembangunan satu kota besar (Astana). Dengan penjelasan serta pemaparan proyek IKN yang kami terima hari ini, semoga akan ada kabar baik ketika kami membawa informasi ini kembali ke Kazakhstan," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Otorita IKN juga memiliki MoU dengan perusahaan Kazakhstan lainnya, yakni Sergek Projects yang bergerak di bidang teknologi. Harapannya, apabila terjalin kesepakatan antara Otorita IKN dengan BI Group, nantinya akan ada kunjungan lanjutan yang mendatangkan CEO BI Group. Bahkan, KBRI Kazakhstan menjanjikan kunjungan Presiden Kazakhstan ke IKN Nusantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya