Ini Sasaran Penerima Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

TKD Prabowo-Gibran membagikan makan siang dan susu ke warga
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menuturkan, terkait program unggulan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yakni makan siang gratis, Pemerintah sudah memilki gambaran daftar penerima. 

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Airlangga mengatakan, pemberian makan siang gratis ini akan dilakukan secara bertahap.  Dalam hal ini tahap pertama diberikan untuk balita dan ibu hamil

"Tahap pertama yang terdiri dari balita, kemudian ibu hamil, dan juga untuk wilayah tertentu. Misalnya tahapannya sampai SMP, kemudian daerah yang stunting tinggi miskin, angka ini masih di excersise," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26 Februari 2024.

Lama Sendiri, Cathy Sharon Bicara Kriteria Pasangan

Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Airlangga Hartarto.

Photo :
  • istimewa

Airlangga menuturkan, pun untuk jumlah penerima makan siang gratis ini sudah didapatkan datanya. Namun, dia tidak menyebutkan lebih jauh mengenai jumlah pasti penerima makan siang gratis ini.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

"Jumlah penerima sudah ada, kita sudah punya angka sebetulnya," jelasnya.

Dia hanya menjelaskan bahwa untuk ibu hamil saat ini sudah ada data melalui program yang ada di Kementerian Kesehatan. Kemudian balita ada 22,3 juta

"Nah kita sudah ketahui dari program tersebut untuk anak-anak SD, TK. Jadi TK 7,7 juta, kemudian SD 28 juta termasuk MI dan SMP 12,5 juta dari angka tersebut kita bisa hitung anggarannya," imbuhnya.

Sebelumnya, Airlangga mengatakan program makan siang gratis akan masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Nantinya per anak akan menerima jatah makan siang Rp 15.000.

"Per anak kira-kira Rp 15.000 (makan siang). Ini diluar susu," ujar Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin, 26 Februari2024.

Airlangga mengatakan, dari anggaran Rp 15.000 per anak ini, nantinya menu makan siang dilepaskan ke daerah masing-masing. Artinya, daerah bebas menentukan pilihan jenis makan siangnya .

"Menunya nanti dilepaskan ke daerah masing-masing daerah, kita tidak menyeragamkan. Merata diseluruh Indonesia Rp 15.000," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya