Bicara di G20 Brasil, Sri Mulyani Pamer Peran APBN Atasi Ketimpangan RI

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Brasil – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20 di Sao Paulo, Brasil. Dalam kesempatan itu dia menjabarkan peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam mengatasi ketimpangan di Indonesia.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Penjelasan tersebut ia sampaikan pada sesi pertama FMCBG yang mengangkat tema ketidakmerataan dan kelaparan. Menurut Sri peranan kebijakan fiskal dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut begitu diuji efektifitasnya.

“Saya berbagi tentang peranan APBN #uangkita dalam menyelesaikan isu ketimpangan, baik melalui afirmasi bagi kelompok rentan hingga melalui masalah struktural seperti pendidikan dan kesehatan,” kata Sri Mulyani dalam akun Instagram resmi @smindrawati, seperti dikutip, Kamis, 29 Februari 2024.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Sri Mulyani berpendapat sesi seperti itu sangat penting lantaran menjadi ajang bagi Indonesia untuk berbagi pengalaman positif. Selain itu, juga untuk menyampaikan peranan Indonesia dalam menciptakan suatu momentum kerja sama global.

Menkeu Sri Mulyani.

Photo :
  • Instagram @smindrawati
Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Dalam rangkaian G20 tersebut, Sri pun bertemu dengan Presiden Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Jin Liqun untuk berdiskusi mengenai program-program AIIB di dunia dan juga Indonesia.

Kemudian, agenda dilanjutkan dengan sesi FMCBG yang membahas kondisi makro perekonomian global, mulai dari proyeksi pertumbuhan, risiko yang muncul, dan peran kebijakan fiskal dalam mendukung pertumbuhan perekonomian dunia.

“Meski sangat padat, namun tetap produktif. Kita harus tetap semangat dalam membawa suara dan pengalaman Indonesia ke panggung dunia,” ujar Sri Mulyani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Diketahui, selain bertemu dengan Presiden AIIB, Menkeu juga mengadakan pertemuan dengan Treasurer of Australia Jim Chalmers dan Presiden Bank Dunia Ajay Banga di sela-sela kegiatan G20.

Dalam pertemuannya dengan Treasurer of Australia, Sri Mulyani menyampaikan kinerja positif Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan bagaimana Indonesia tetap bisa melanjutkan agenda pembangunan tanpa mengorbankan kesehatan dan kredibilitas APBN.

Sedangkan dalam pertemuan dengan Presiden Bank Dunia, Menkeu membahas beberapa topik terkait kerja sama antara Indonesia dan Bank Dunia. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya