Jokowi Klaim Banyak Investor Antre di IKN Nusantara Setelah Pemilu 2024

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking di IKN
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim sudah banyak investor yang antre untuk berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Saat ini, Jokowi sedang kunjungan kerja ke Kawasan IKN Nusantara dan gencar melakukan kegiatan groundbreaking atau peletakan batu pertama beberapa infrastruktur di IKN Nusantara.

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

“Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang sudah clear and clean. Kemudian, kawasannya di mana agar ekosistem ini segera terbentuk sehingga kota menjadi hidup,” kata Jokowi pada Kamis, 29 Februari 2024.

Menurut dia, para investor mulai mengalami peningkatan setelah pesta demokrasi lima tahunan yakni Pemilu Presiden 2024 telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Namun, Jokowi mengingatkan pentingnya pengaturan lahan dan ekosistem yang baik untuk memastikan pembangunan kota yang berkelanjutan.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Jokowi menunjukkan progres pembangunan IKN yang on the track

Photo :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

"Kalau yang mengantre ini ya diberi ini terus, yang lain tidak, nanti ekosistemnya tidak terbentuk. Saya melihat optimisme setelah pemilu kemarin menjadi tidak nunggu-nunggu, dan sekarang semuanya akan kita atur groundbreaking, tetapi memang sesuai dengan ekosistem yang ditetapkan," ungkapnya.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Kemudian, Jokowi juga memperlihatkan peta Kawasan IKN Nusantara serta posisi tiap klasternya. Dari peta itu menunjukkan padatnya titik-titik rencana pembangunan di IKN, terutama di IKN bagian barat.

"Yang lebih padat sebetulnya di IKN barat, hanya ini titik-titiknya belum ditunjukkan di sini, tapi ini yang paling padat nantinya. Dalam dua-tiga bulan ini yang paling padat," pungkasnya.

Wakil Presiden Maruf Amin saat menyampaikan keterangan pers usai memberikan Orasi Ilmiah pada Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Nusantara (UNINUS), Kamis, 16 November 2023.

Wapres Ma’ruf Amin: Presidential Club Tak Harus Bentuk Formal

Wakil Presiden Ma'ruf Amin merespons positif wacana pembentukan Presidential Club atau klub presiden yang diinisiasi presiden terpilih Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024