Soal Migrasi TikTok Shop, Kemendag: Pembayaran Sudah di Tokopedia

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia/Kemendag
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan, proses migrasi TikTok Shop ke Tokopedia sudah hampir rampung. Bahkan pembayaran transaksi sudah dilakukan sepenuhnya di Tokopedia. 

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Isy Karim mengatakan, Kemendag sendiri sudah memanggil pihak TikTok. Mereka menjelaskan mengenai perkembangan migrasi TIkTok Shop ke Tokopedia.

"Sekarang untuk pemisahan antara TikTok Shop, dengan Tokopedia itu sudah. Pembayaran udah langsung ke Tokopedia," ujar Isy di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin, 4 Maret 2024.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Kendati demikian, hingga hari ini TikTok Shop masih ada dalam satu aplikasi yang sama dengan TikTok. Padahal, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 tahun 2023 melarang adanya transaksi jual beli di media sosial.

TikTok Shop resmi gabung dengan Tokopedia.

Photo :
  • Istimewa
Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Terkait hal ini, Isy menuturkan bahwa pihak TikTok dan Tokopedia tidak ingin pengguna terganggu dengan migrasi itu. Sehingga, proses pemindahan dibuat secara sederhana dengan melalui back end.

"Janjinya TikTok, janjinya Tokpedia untuk pemisahan itu tidak menggangu pengguna. Sehingga pemisahan itu sangat-sangat mulus, hampir enggak ketauan kan," jelasnya.

Gedung kementerian Perdagangan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Dia menuturkan, saat ini proses integrasi data TikTok ke TikTok Shop telah mencapai 87 persen. 

"Jadi memang ada beberapa yg belum sesuai sekitar 13 persen. kemarin dua atau tiga minggu lalu saya bilang sekitar 25 persen lagi untuk comply dengan Permendag 31, sekarang tinggal 13 persen," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya