Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Besok, Simak Rute, Jadwal dan Cara Daftarnya!

[dok. BKIP Kemenhub]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menyiapkan sebanyak 722 unit bus untuk program mudik gratis di tahun 2024. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno menjelaskan, dari 722 unit bus tersebut, pihaknya menyediakan 30.088 kuota mudik gratis.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

"Terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik, dan 5.720 orang untuk arus balik," kata Hendro dalam keterangannya, Selasa, 5 Maret 2024.

Dia menambahkan, Ditjen Hubdat pada tahun ini juga kembali menyediakan 900 unit kuota pengangkutan motor dengan truk secara gratis. Karenanya, disediakan kuota 450 unit dengan 15 truk, baik untuk arus mudik maupun arus balik. "Jadi akan ada 30 unit truk," ujarnya.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Program mudik gratis Pemprov DKI tahun 2023.

Photo :
  • Instagram @dishubdkijakarta

Hendro mengatakan, kota tujuan arus mudik dan arus balik tahun ini totalnya mencapai 33 kota, yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, serta wilayah Sumatera.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Rinciannya, 3 kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Provinsi Jateng-DIY sebanyak 19 kota, yakni Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen dan Yogyakarta.

Selanjutnya Provinsi Jawa Timur 5 kota, yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Sementara di Kalimantan 2 kota, yakni Banjarmasin dan Pangkalan Bun. Terakhir di wilayah Sumatera 4 kota, yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu dan Padang.

"Sementara untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota, yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta dan Pelembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan mudik dan balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak 5 kota, yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta,” kata Hendro.

Cara Daftar

Petugas sedang menurunkan motor milik pemudik yang dikirimkan lewat truk di Solo Surakarta, Jumat (1/7/2016). Ribuan motor ini tiba lebih dahulu dibanding pemiliknya

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Dia menyebutkan, penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2024, di Terminal Tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan, dan akan diberangkatkan pada hari Jumat, 5 April 2024. 

"Untuk pemberangkatan penumpang arus mudik akan diberangkatkan dari 6 Terminal yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Terminal Jatijajar Depok, pada tanggal 6 April 2024. Sementara untuk Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal W. A Gara Kalimantan Tengah pada tanggal 7 April 2024," ujar Hendro.

Sementara untuk pemberangkatan arus balik pengangkutan sepeda motor pada Minggu, 14 April 2024, yakni dari 5 terminal tipe A yaitu kota Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri dan Yogyakarta.

Sedangkan pemberangkatan arus balik penumpang pada hari Senin, 15 April 2024, dari 8 terminal tipe A kota asal keberangkatan yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang.

"Pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 sampai dengan 3 April 2024, atau jika kuota sudah habis melalui aplikasi MitraDarat yang dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya