Mudik Gratis BUMN 2024 Sediakan Kuota bagi 80 Ribu Lebih Pemudik

Program mudik gratis BUMN tahun 2022. (foto ilustrasi)
Sumber :

Jakarta – Kementerian BUMN kembali menggelar program tahunan 'Mudik Bersama BUMN' guna menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2024, dengan mengusung tema "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024".

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, tahun ini 84 perusahaan BUMN dan anak-anak usahanya, siap melayani lebih dari 80.215 pemudik yang terbagi ke dalam 3 moda transportasi.

"Yaitu 1.225 unit Bus, 60 unit Kereta Api, dan 15 unit Kapal Laut dengan tujuan 200 kota lebih yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," kata Erick Thohir dalam keterangannya, Selasa, 5 Maret 2024.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Erick mengatakan, program Mudik Bersama BUMN ini telah menjadi agenda rutin BUMN, sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya, BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus meningkatkan kinerja, dan membuat program yang berpihak kepada masyarakat

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Salah satu inovasi yang dihadirkan dalam Mudik Bersama BUMN tahun ini adalah pelayanan khusus bagi pemudik disabilitas," ujarnya.

Bahkan, Erick memastikan bahwa BUMN juga telah menyiapkan bus khusus, yang dilengkapi dengan fasilitas yang ramah bagi pemudik disabilitas. Langkah ini guna memastikan bahwa semua pemudik, tanpa terkecuali, dapat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman dengan nyaman dan tanpa hambatan.

Selain itu, guna mendukung keberlanjutan lingkungan, BUMN juga menyediakan moda bus berbasis listrik. Hal itu sejalan dengan komitmen BUMN, dalam mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas transportasi. Serta, memperkenalkan teknologi ramah lingkungan kepada masyarakat secara lebih luas.

Dengan adanya fasilitas khusus untuk pemudik disabilitas dan penggunaan moda transportasi berbasis listrik itu, Erick berharap program Mudik Bersama BUMN tahun ini dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan lebih inklusif bagi semua pemudik. Dia memastikan, semua pihak yang terlibat dalam program ini juga berkomitmen untuk menjaga keselamatan, kenyamanan, dan keberlangsungan lingkungan, sepanjang perjalanan pulang ke kampung halaman.

"Pendaftaran Mudik Bersama BUMN telah dimulai sejak 1 Maret 2024, dan dilakukan melalui platform masing-masing BUMN. Masyarakat dapat mengikuti kegiatan program Mudik Bersama BUMN tanpa dipungut biaya apapun. Untuk informasi lebih lanjut, dapat diakses di media sosial resmi Kementerian BUMN dan BUMN terkait," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya