Cek Proyek Jalan untuk Upacara 17-an di IKN, Menteri Basuki Ungkap Progres Terkini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono [dok. Instagram @kemenpupr]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan peninjauan terhadap progres pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Minister Predicts Economic Growth to Reach 5.17 Percent in 2024 Q1

Melalui unggahan video di Instagram @kemenpupr, Basuki menjelaskan soal progres proyek pengerjaan jalan, yang terkait dengan kesiapan penyelenggaraan upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN pada Agustus 2024 mendatang.

"Ini proses pembangunan jalan. Tadi kita lihat dari sana, ini semua sudah pada level tinggal perapihan," kata Basuki sebagaimana dikutip dari Instagram @kemenpupr, Rabu, 6 Maret 2024.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Presiden Jokowi bersama para menteri kemah di IKN Nusantara

Photo :
  • Setkab

Dia memastikan, setiap kegiatan yang dilakukan dalam proses pembangunan IKN, dilakukan dengan penuh perhitungan. Sehingga, manajemen konstruksi pengerjaan jalan di IKN itu pun dipastikan juga telah dihitung dengan seksama.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Batu ini dari Palu semua. Jadi manajemen konstruksinya memang dihitung betul. Motong pohon pun dihitung betul," ujarnya.

Dalam unggahan yang sama, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Danis Sumadilaga memastikan, sejumlah infrastruktur dasar IKN lainnya sampai saat ini juga sudah rampung.

Misalnya seperti bendungan dan intake, jaringan listrik, fiber optik, air, hingga pipa gas, yang semuanya akan dimasukkan ke dalam multi-utility tunnel.

"Kita berlokasi di Bendungan Sepaku Semoi, ini sudah selesai. Kemudian intake Sepaku juga sudah selesai. Itu artinya, air baku yang nanti diolah jadi air minum itu sudah siap," kata Danis.

"Infrastruktur pendukung, air bersih, listrik, fiber optik, gas, sudah kita persiapkan juga yang akan masuk ke dalam multi-utility tunnel itu. Kemudian sumbu kebangsaan, dan yang penting juga adalah akses jalan tol. Intinya, siap lah InsyaAllah 17 Agustus," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya