Menguak Misteri Penyebab Harga Telur Tembus hingga Rp 32.000 Per Kg

Harga Mahal, Warga di Tangerang Beli Telur Retak
Sumber :
  • VIVA/ Sherly

Jakarta – Di tengah polemik masyarakat soal harga beras yang terus melonjak, ternyata harga telur di pasaran juga mengalami nasib serupa. Bahkan, di sejumlah pasar wilayah sekitar Jakarta, harga telur tercatat mencapai Rp 32.000 per kilogram (kg).

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hal itu pun turut dikonfirmasi oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, yang mengakui bahwa harga telur di pasaran memang berada di kisaran Rp 28 ribu-Rp 32 ribu.

"Harga telur di pasar Rp 28 ribu sampai Rp 32 ribu," kata Arief saat dihubungi VIVA Bisnis, Rabu, 6 Maret 2024.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Dia menjelaskan, kenaikan harga telur itu terjadi disebabkan faktor biaya pakan jagung yang juga melonjak. Dari sebelumnya di kisaran Rp 6.000 per kg, saat ini naik menjadi Rp 9.000 per kg.

"Harga telur dipengaruhi harga jagung pakan. Sebelumnya harga jagung mendekati Rp 9.000 per kg, sehingga akan meningkatkan Harga Pokok Produksi (HPP)," ujar Arief.

Terpopuler: Harga Bekas dan Pajak Tahunan Avanza Veloz, 2 Mobil Keren Mazda di China

Peternak memanen telur ayam di kandang miliknya di desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, 9 Maret 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Meski demikian, Arief meyakini bahwa harga telur akan segera beranjak turun. Karena, saat ini harga jagung pakan juga sudah mulai turun, seiring panen jagung di bulan Maret 2024 ini.

"Saat ini harga jagung sudah mulai turun, seiring berjalannya panen jagung yang baik pada Maret 2024 ini," ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan situs Info Pangan Jakarta, harga tertinggi telur ayam sudah mencapai Rp 33 ribu per (kg) untuk Pasar Pondok Labu. Sedangkan harga terendah adalah Rp 28 ribu per kg, dengan harga rata-rata di DKI Jakarta adalah Rp 31.159 per kg.

Harga telur naik di Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Sementara berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata telur ayam mengalami kenaikan sebesar Rp 850 per hari ini, menjadi Rp 31.850 per kg. Harga telur ayam telah mencapai lebih dari Rp 30 ribu per kg di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Berdasarkan data Panel Harga Bapanas, harga rata-rata untuk seluruh provinsi adalah Rp 31.280 per kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya