Ini 5 Kota dengan Kenaikan Pelaku Usaha Perempuan Tertinggi

Hari Perempuan Sedunia bersama Tokopedia
Sumber :
  • Tokopedia

VIVA – Mengutip Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahun.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 tahun UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar.

Rizky Juanita Azuz, selaku External Communications Senior Lead Tokopedia dalam siaran pers Hari perempuan Sedunia pada Rabu, 6 Maret 2024, menyampaikan bahwa Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Kategori Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga dan Hobi menjadi yang paling laris di Tokopedia. Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, dan lain-lain.

Photo :

“Sedangkan beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah,” ucap Juanita, dalam siaran pers pada Rabu, 6 Maret 2024.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Tokopedia pun mencatat beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, meliputi Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat. Sedangkan, Perawatan Hewan, Makanan dan Minuman serta perlengkapan pesta merupakan beberapa subkategori dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli Tokopedia.

Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan, dengan berkolaborasi bersama Pemda dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal.

“Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” tutur Rizky.

Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Tokopedia juga telah meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller untuk memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan bagi perempuan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya