BRINS Pastikan Jaga Penerapan GCG Genjot Kinerja Bisnis

BRIInsurance.
Sumber :
  • Dokumentasi BRINS.

Jakarta – BRI Insurance (BRINS) menerima penghargaan General Insurance dalam acara Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2024. Anak usha BRI tersebut didapuk sebagai Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Strategy Implementation to Increase Performance Growth.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Heri Supriyadi selaku Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRI Insurance di Jakarta, Selasa 5 Maret 2024.

“Tentunya penghargaan ini tidak luput dari hasil kinerja terbaik seluruh pekerja BRI Insurance yang selalu menerapkan prinsip GCG dalam pekerjaan,” ujar Hery dikutip dari keterangannya, Kamis, 7 Maret 2024.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

“BRI Insurance juga melakukan berbagai upaya untuk menjaga nilai GCG seperti melaksanakan kebijakan dan praktek Tata Kelola Perusahaan yang baik untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

Kemudian, menerapkan prinsip transparansi dengan menjamin informasi yang relevan mengenai BRINS yang disampaikan secara jelas, akurat, memadai dan mudah diakses oleh para pemangku kepentingan. Melalui, berbagai kanal secara online dan BRI Insurance juga telah memiliki sertifikasi yang menjadi salah satu modal dan pedoman dalam menjalani prinsip GCG yaitu ISO 22301:2019 Business Contuinity Management System (BCMS).

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

BRINS.

Photo :
  • Dokumentasi BRINS.

Dalam kesempatan berbeda, Budi Legowo selaku Direktur Utama BRI Insurance juga menyampaikan bahwa BRI Insurance selalu menjaga nilai GCG adalah dengan praktik bisnis yang sehat dan berkelanjutan dapat memberikan manfaat kepada seluruh stakeholders. 

“Sebagai penyeimbang bisnis dengan prinsip GCG kami juga memiliki komitmen dalam pelaksanaan penerapan GCG sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL),” tambahnya.

penghargaan ini menjadi booster bagi BRI Insurance untuk memberikan kinerja terbaik supaya menjadi perusahaan yang dapat diandalkan dan dipercaya bagi seluruh Masyarakat Indonesia” ujar Heri

Chief Executive Officer and Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan mengatakan, keberhasilan perusahaan dalam menerapkan GCG akan memengaruhi tingkat kinerja perusahaan. Terlebih, dalam manajemen keuangan/manajemen laba yang sehat dan berkelanjutan.

“Manajemen laba dapat memengaruhi hubungan antara GCG dan kinerja perusahaan. GCG telah berkontribusi besar dalam mengurangi kemungkinan pemaksimalan laba dengan cara yang tidak baik. Prinsip-prinsip GCG senantiasa saling melengkapi dalam menjalankan bisnis yang sukses, bertanggungjawab dan keberlanjutan. Kombinasi tersebut memastikan perusahaan berkembang,” Ucap Ihsan

Sementara itu, Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Prof. Dr. Mardiasmo mengatakan jika governansi korporat dalam perkembangannya telah mengalami evolusi. Menurutnya, dalam studi menunjukkan bahwa penerapan governansi korporat tidak bisa berdiri sendiri. Diperlukan adanya bauran aspek lain, yaitu lingkungan (environment) dan sosial.

BRINS.

Photo :
  • Dokumentasi BRINS.

“Saat ini juga berkembang konsep dan praktik sustainable governance. Sustainable Governance adalah prinsip panduan yang menempatkan penekanan pada mengintegrasikan praktik yang bertanggung jawab, moral, dan jangka panjang dalam pengambilan keputusan organisasi dan administrasi umum. Faktor-faktor lingkungan, sosial, dan governansi (ESG) ditambahkan ke dalam governansi perusahaan standar untuk memastikan bahwa organisasi  beroperasi dengan cara yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga menguntungkan bagi masyarakat dan lingkungan,” Mardiasmo

Penghargaan pada acara GCG Awards 2024 ini diberikan secara objektif kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik dan mampu berkontribusi dalam menunjang perekonomian Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya