Kemenhub Pede 2024 Bisa Jadi Tahun Pemulihan 100 Persen Bisnis Penerbangan

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wahyudi, dan Vice President (VP) Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro, dalam diskusi 'Potensi Penumpang Udara 2024' di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara meyakini, saat ini pemulihan sektor transportasi udara sudah hampir menuju 90 persen. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Putu Eka Cahyadi berharap, tahun 2024 bisa menjadi momentum bagi sektor transportasi udara, agar bisa pulih 100 persen.

"Tahun ini recovery yang kita capai, sudah mencapai 83 persen. Tahun ini momen untuk bisa pulih penuh," kata Putu dalam diskusi 'Potensi Penumpang Udara 2024' di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Angkasa Pura Prediksi Layani 78 Juta Penumpang pada 2024

Pergerakan penumpang di Terminal 3, Bandara Soetta

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wahyudi menargetkan, pihaknya bisa melayani penumpang mencapai 78 juta orang pada tahun 2024 ini. Angka ini naik 15 persen, dibandingkan tahun lalu yang melayani hingga 69 juta penumpang.

Untuk mencapai angka itu, Wahyudi pun memiliki strategi. Dimana, pihaknya telah merevitalisasi dan melakukan beautifikasi pada 10 bandara kelolaan AP I, supaya bisa melayani banyak penumpang.

"Terakhir di Tahun 2023 itu kita sudah selesaikan 10 pembangunan baik itu pembangunan bandara atau beautifikasi bandara yang ada. Tinggal 1 yang tersisa, yang belum terselesaikan sampai saat ini," ujar Wahyudi.

Senada, Vice President (VP) Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro mengaku, sebenarnya kondisi penumpang di bandara-bandara yang dikelola pihaknya sudah hampir pulih 100 persen. Bahkan di sepanjang tahun 2023, Angkasa Pura II telah melayani 80,2 juta penumpang di 20 bandara yang dikelolanya. 

Sedangkan, AP II menargetkan bisa melayani penumpang sebanyak 91,8 juta pada tahun 2024.

"Target ini merupakan refleksikan tingkat pemulihan atau recovery rate lebih dari 100 persen dari kondisi covid di tahun 2019 itu sekitar 90,7 juta," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya