Menko Airlangga Ungkap Harga Beras Medium Turun Jelang Ramadhan, Tapi Telur hingga Daging Ayam Naik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto membeberkan update terbaru harga pangan jelang Ramadhan 2024. Airlangga menyebut bahwa harga telur ayam mengalami kenaikan harga secara mingguan atau week to week.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

"Menjelang nanti kita masuk bulan suci Ramadhan beberapa hal yang perlu di-update. Pertama harga pangan ini beras medium yang kami monitor Rp 14.310 per kg itu agak turun sedikit," kata Airlangga Jumat, 8 Maret 2024.

Airlangga menuturkan, harga beras premium tercatat turun Rp 16.420 per kg, daging sapi Rp 135.670 per kg, gula konsumsi Rp 17.740 per kg, dan minyak goreng curah Rp 15.540 per liter.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Pedagang daging ayam di pasar tradisional.

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman.

Selain itu, ada beberapa komoditas pangan yang terpantau mengalami kenaikan harga. Hal ini diantaranya daging ayam, telur ayam, cabai rawit merah, dan cabai merah keriting. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

"Yang naik secara week to week adalah daging ayam ras sebesar Rp 38.150 naiknya 0,32 persen, telur ayam ras Rp 31.490 naiknya 0,45 persen. Kemudian cabai rawit merah naik 1,79 persen yaitu Rp 63.160, dan cabai merah keriting Rp 63.850," jelasnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, yang mengakui bahwa harga telur di pasaran memang berada di kisaran Rp 28 ribu-Rp 32 ribu.

"Harga telur di pasar Rp 28 ribu sampai Rp 32 ribu," kata Arief saat dihubungi VIVA Bisnis, Rabu, 6 Maret 2024.

Dia menjelaskan, kenaikan harga telur itu terjadi disebabkan faktor biaya pakan jagung yang juga melonjak. Dari sebelumnya di kisaran Rp 6.000 per kg, saat ini naik menjadi Rp 9.000 per kg.

Harga telur naik di Semarang, Jawa Tengah. (ilustrasi)

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

"Harga telur dipengaruhi harga jagung pakan. Sebelumnya harga jagung mendekati Rp 9.000 per kg, sehingga akan meningkatkan Harga Pokok Produksi (HPP)," ujar Arief.

Meski demikian, Arief meyakini bahwa harga telur akan segera beranjak turun. Karena, saat ini harga jagung pakan juga sudah mulai turun, seiring panen jagung di bulan Maret 2024 ini.

"Saat ini harga jagung sudah mulai turun, seiring berjalannya panen jagung yang baik pada Maret 2024 ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya