Bantu Atasi Krisis Air Bersih, IDSurvey Bangun Fasilitas bagi Warga Pesisir Cilincing

Induk Holding BUMN Jasa Survei (IDSurvey), PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) [dok. Humas PT BKI]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Induk Holding BUMN Jasa Survei (IDSurvey), PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau PT BKI menegaskan komitmen untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Salah satunya yakni dengan menyalurkan bantuan Fasilitas Air Bersih untuk masyarakat Pesisir Cilincing, dengan menggandeng Yayasan ESQ Kemanusiaan.

Komisaris Utama BKI, R. Harry Hikmat mengatakan, bantuan ini disalurkan untuk masyarakat pesisir Cilincing, khususnya warga Kalibaru, karena krisis air bersih yang telah dirasakan oleh masyarakat setempat sehari-harinya.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

"Karena itu urgensi fasilitas air bersih menjadi sangat mendesak untuk dilakukan, dalam rangka mengakhiri krisis air bersih di Jakarta," kata Harry dalam keterangannya, Jumat, 8 Maret 2024.

ilustrasi air bersih.

Photo :
Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Dia berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut. "Bantuan yang disalurkan oleh BKI semoga dapat bermanfaat, mendorong masyarakat untuk bisa lebih maju, sehat dan sejahtera," ujarnya.

Direktur KAMR BKI, Sinung Triwulandari mengatakan, pihaknya juga telah berupaya menjalin kolaborasi dengan Yayasan ESQ dan komunitas, yakni dengan meningkatkan kapasitas warga setempat.

Dia melihat bahwa mata pencaharian warga dekat sekali dengan kerang, dari proses mengambil kerang di laut, mengupas, hingga kemudian sampah dari kerang tersebut dapat diolah kembali.

"Harapannya, apa yang dibutuhkan warga setempat dapat didukung oleh BKI, sehingga siklus ekonomi mata pencaharian warga dapat berjalan secara berkelanjutan," ujar Sinung.

Pada kesempatan yang sama, Ketua ESQ Kemanusiaan, Lea mengatakan, krisis kebutuhan air bersih memang sudah sangat dirasakan oleh masyarakat pesisir Cilincing tersebut. Warga Kalibaru menurutnya sangat dekat dengan pantai, namun nyatanya kebutuhan air mereka justru berharap dari air hujan. 

"Alhamdulillah hari ini konkret ada bantuan air bersih dari BKI. Semoga bantuan ini dapat kita optimalkan sebagai pemberdayaan masyarakat. Kami ESQ Kemasyarakatan siap memberikan dampak kepada masyarakat sekitar, dan InsyaAllah amanah dari BKI akan kami laksanakan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya