Aksi Korporasi MIND ID Diapresiasi, Erick Thohir: BUMN Terus Bermigrasi

Ilustrasi MIND ID.
Sumber :
  • Dokumentasi MIND ID.

Jakarta – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menerima penghargaan Best Corporate Action Handling atas aksi korporasi di sektor pertambangan. Penghargaan ini diberikan pada Awarding Night BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan BCOMSS menjadi upaya untuk mendorong keterbukaan informasi perusahaan BUMN. Menurut dia, perusahaan BUMN kini semakin transparan terbukti dari jumlah pemberitaan perusahaan BUMN yang pada 2021 hanya berjumlah sekitar 600 ribu sedangkan di 2023 jumlahnya hampir mencapai 1,5 juta.

“Keterbukaan informasi ini bagian dari penataan yang coba kita terus dorong untuk bisa berlaku di semua BUMN. Dan hari ini bisa kita saksikan banyak perusahaan BUMN yang terus bermigrasi untuk kebaikan. Artinya, terus membuka diri,” kata Erick dikutip dari keterangannya, Sabtu, 9 Maret 2024.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Erick menegaskan, keterbukaan informasi terus dilakukan BUMN sebagai upaya melakukan kebaikan dan membuka diri kepada publik. Sehingga kinerja pun bisa lebih transparan.

MIND ID mendapat Best Corporate Action Handling dari BUMN

Photo :
  • Dok. Istimewa
Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

“Semua isu yang ada kami buka, karena ini merupakan bagian dari tanggung jawab publik. Terima kasih kepada dewan juri, yang telah melihat perubahan demi perubahan yang telah dilakukan oleh BUMN,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID Selly Adriatika mengatakan, pencapaian ini menjadi motivasi bagi grup MIND ID untuk turut menggerakan masa depan menuju Indonesia Emas melalui berbagai aksi korporasi di sektor pertambangan.

“ Penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi perusahaan dan merupakan hasil atas usaha serta kerja keras seluruh komunikasi korporat perusahaan dalam mengelola komunikasi dan informasi yang baik sehingga percepatan penyebaran informasi dapat dilakukan secara masif,” kata Selly.

BUMN Corporate Communications And Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 adalah sebuah ajang kompetisi di bidang komunikasi korporat dan program keberlanjutan bagi semua perusahaan BUMN.

Kegiatan BCOMSS merupakan apresiasi dari Kementerian BUMN atas kinerja komunikasi dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN, sehingga menjadi standar dan benchmark relevan bagi seluruh BUMN termasuk anak perusahaannya.

MIND ID mendapat Best Corporate Action Handling dari BUMN

Photo :
  • Dok. Istimewq

Terkait aksi korporasi, Holding Industri Pertambangan atau MIND ID resmi memiliki nama usaha bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) usai melakukan pemisahan (split-off) dari PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum. Sejak 2017, Inalum melakukan dua fungsi korporasi, yakni sebagai holding dan operasional peleburan aluminium.

Dengan transformasi ini, MIND ID berperan sebagai strategic holding company dan fokus pada peningkatan efektifitas dari kegiatan-kegiatan strategis dan fokus pada efisiensi dan meningkatkan nilai tambah antar anggota holding. Sementara Inalum akan fokus pada pengembangan hilirisasi aluminium nasional. 

Pemisahan entitas bisnis MIND ID dan Inalum dapat meningkatkan kinerja investasi dan operasi hulu tambang di dalam negeri. Khususnya pengolahan lebih lanjut bauksit menjadi alumina hingga aluminium yang diserahkan kepada Inalum. Penandatanganan dokumen transformasi MIND ID - Inalum dilakukan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) di Jakarta Selasa 21 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya