Terbesar Selama 25 Tahun, Toyota Naikkan Gaji Bulanan Karyawan

Posko Siaga Toyota
Sumber :
  • Dok: TAM

Jakarta – Toyota Motor memberikan kenaikan gaji terbesar dalam 25 tahun kepada pekerjanya. Kenaikan ini dilakukan guna memberikan kelonggaran bagi bank sentral untuk membuat perubahan kebijakan penting pada pekan depan.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Dilansir dari The Business Times, perusahaan telah menyetujui tuntutan pekerja untuk menaikkan gaji bulanan sebesar JPY28.440 atau sekitar Rp 3 juta.

"Kami melihat momentum kuat untuk kenaikan upah,” kata Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshimasa Hayashi kepada wartawan Rabu, 13 Maret 2024.

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

“Penting bagi momentum kenaikan upah yang kuat untuk menyebar ke perusahaan-perusahaan kecil dan menengah," sambungnya.

Booth Toyota di IIMS 2024

Photo :
  • TAM
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Selain menaikkan gaji pekerjaan, Toyota Motor juga menyepakati tambahan bonus yang mencapai rekor tertinggi. Tak hanya Toyota Motor, Panasonic, Nissan dan sejumlah nama besar lainnya di Japan Inc juga telah sepakat untuk menaikan gaji pekerjanya. 

Adapun pembicaraan mengenai kenaikan upah antara perusahaan dan pekerja sudah menjadi ciri khas hubungan kolaboratif antara manajemen dan buruh Jepang.

Ilustrasi slip gaji

Photo :
  • Freepik

Sedangkan para ekonom melihat, kenaikan upah yang besar sebagai prasyarat bagi Bank of Japan untuk menyatakan bahwa tujuan jangka panjang, yaitu pertumbuhan upah yang berkelanjutan dan harga yang stabil sudah di depan mata. Kenaikan upah itu juga akan mengakhiri suku bunga negatif yang sudah ada sejak tahun 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya