Jokowi Tegaskan Minyak Makan Merah Lebih Murah: Vitaminnya Banyak

Presiden Jokowi tinjau inovasi minyak Makan Merah di Medan, Sumut.
Sumber :
  • Dok.Pemprov Sumut

Sumatera Utara – Presiden Joko Widodo meyakini bahwa minyak makan merah akan menjadi tren baru dikalangan masyarakat di masa depan. Khususnys diandalkan dalam urusan goreng-menggoreng makanan yang dikonsumsi.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Optimisme tersebut disampaikan Jokowi saat berkunjung ke Pasar Kawat Tanjungbalai, Sumatera Utara, hari ini. Peresmian pabrik minyak makan merah di Deli Serdang pun dilakukan.

"Vitamin di situ (minyak makan merah) banyak dan harga lebih murah, saya rasa ini akan jadi tren baik untuk urusan goreng-menggoreng," kata Jokowi disaksikan secara daring dari Jakarta, Kamis, 14 Maret 2024.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Jokowi menunjukkan progres pembangunan IKN yang on the track

Photo :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Dia mengatakan, dengan adanya pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, maka tandan buah segar yang diolah menjadi minyak sawit mentah (CPO) dapat langsung diproses menjadi minyak makan merah.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

"Minyak makan merah sangat bagus. Pertama, karena gizi nggak hilang, vitamin nggak hilang. Vitamin A, vitamin E, nutrien yang lain juga ada di situ," jelasnya.

Menurutnya, harga minyak makan merah juga di bawah minyak goreng biasa. Dia mengatakan bahwa minyak makan merah akan terus dikembangkan di provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Jokowi sebelumnya meresmikan pabrik minyak makan merah pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis.

Minyak goreng curah di Pasar Palmerah, Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Pembangunan pabrik minyak makan merah diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi para petani sawit yang memiliki sekitar 6,2 juta hektare kebun kelapa sawit di seluruh Indonesia.

“Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri, jadi harga TBS (tandan buah segar) tidak naik dan turun karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu minyak makan merah,” ujar Jokowi dalam acara peresmian pabrik tersebut. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya