Sambut Lebaran, BI Solo Siapkan Penukaran Uang Baru Sebesar Rp 4,3 Triliun

Warga menukarkan uang pecahan untuk persiapan Lebaran di mobil kas BI Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo menyiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp 4,3 triliun untuk memenuhi penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan Idul Fitri 2024. Jumlah penukaran uang yang disiapkan menjelang lebaran kali ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan jadwal penukaran uang akan mulai diluncurkan di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo pada Rabu, 20 Maret 2024. Setelah itu, pelayanan penukaran akan dilakukan di sebanyak 93 titik penukaran yang tersebar di wilayah Solo Raya.

“Setelah jadwal kick off penukaran secara berkala ada layanan penukaran uang yang akan kita informasikan. Ada 93 titik penukaran itu dengan melibatkan perbankan yang ada di Solo Raya,” kata dia di Solo, Jumat, 15 Maret 2024.

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Lebih lanjut, Dwiyanto menyebutkan, total uang yang disiapkan untuk penukaran menyambut Ramadan dan Idul Fitri sebesar Rp 4,3 triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan jumlah penukaran pada tahun sebelumnya.

Penampakan uang baru rupiah tahun emisi 2022. (ilustrasi)

Photo :
  • Bank Indonesia
Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

“Ada sedikit peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu, kalau nggak salah tahun lalu sekitar Rp 4,1 triliun sekarang naik menjadi Rp 4,3 triliun untuk penyediaannya,” ujar dia.

Berdasarkan penukaran pada Ramadan tahun lalu, Dwiyanto menyebutkan bahwa pecahan yang paling banyak diminati masyarakat terutama pecahan kecil. “Pecahan dari Rp 20 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 5 ribu itu yang paling diminati sih,” ujarnya.

Sementara itu salah satu warga yang ikut penukaran uang, Mulyanto mengaku memilih menukarkan uang pecahan lebih awal di mobil kas BI Solo yang sedang melayani penukaran uang di Kantor Kecamatan Banjarsari, Solo. Ia menukarkan uang sebanyak Rp 3,8 juta dengan paket pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, Rp 2 ribu dan Rp 1.000.

“Ini tadi nukar di sini karena uang pecahan baru ini akan saya bagikan untuk fitrah kepada saudara dan tetangga saat Lebaran nanti,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya